MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PRAKTIK TERBAIK GURU DI MASA NORMAL BARU

Harnanto Harnanto

Abstract


Penanaman nilai-nilai Pancasila harus diberikan kepada peserta didik. Guru perlu mencari cara kreatif, inovatif, inspiratif, dan kontekstual dalam penanaman nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil diseminasi praktik terbaik (best practice) yang telah dilakukan oleh guru dalam penanaman nilai-nilai Pancasila dimasa normal baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat kreatif dan inovatif dalam penanaman nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik. Penanaman nilai-nilai Pancasila merupakan sesuatu yang penting harus dilakukan oleh guru secara terus menerus sejalan dengan dinamika proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kata Kunci: Membumikan, Pancasila, Praktik Terbaik


Full Text:

PDF

References


Alaby, Muhammad Awin. (2019). Membumikan Nilai Pancasila Pada Generasi Bangsa. Jurnal Gema Wiralodra, 10(2), 179-190. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.75

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapanya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JPK), 1(2), 50-64. https://core.ac.uk/download/pdf/291656205.pdf

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 16-26. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150

Huda, Muhammad Chairul. (2018). Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara: Implemetasi Nilai-Nilai Keseimbangan dalam Upaya Pembangunan Hukum di Indonesia. Jurnal Sosial Politik-Resolusi, 1(1), 78-99. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/resolusi/article/view/160

Kaelan. (2013). Negara Kebangsaaan Pancasila, Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021). https://kbbi.web.id/ideologi

Mahpudz, Asep. (2017). Meneguhkan Pancasila sebagai Ideologi Negara, Membumikan Pancasila untuk Kelangsungan Hidup Bangsa Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III tanggal 11 November 2017 (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). http://eprints.uad.ac.id/9936/

Muchtarom, Moch. (2012). Strategi Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Inovasi Pembelajaran PKn Berorientasi Civic Knowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill di Perguruan Tinggi. Jurnal PKn Progresif, 7(2), 114-130. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/2365

Nalurita, Novianty. (2020). Guru Sebagai Agen Perubahan. Jurnal Sudut Pandang, 8-10. http://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang/article/view/50

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 26 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riyanto, Armada dkk, (Eds). (2015). Kearifan Lokal Pancasila: Butir-Butir Filsafat Keindonesiaan. Yogyakarta: Kanisius.

Selatang, Fabianus. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Guru Dalam Lembaga Pendidikan SMAK. Jurnal Kateketik dan Pastoral, 70-90. http://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/56

Triyanto & Fadhilah, Nur. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 161-169. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.20709

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widisuseno, Iriyanto. (2014). Azas Filosofis Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Jurnal Humanika, 20(2), 62-66. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/8858

Yuliantika, Dina. Dkk. (2017). Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA Negeri 7 Purworejo. Jurnal Psiko Utama, 5(2), 51-59. https://www.researchgate.net/publication/324861388_Self_Efficacy_dan_Motivasi_Berprestasi_Siswa_SMA_Negeri_7_Purwerejo




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i2.13716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats