PENGEMBANGAN MODEL VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI BANDICAM PADA PELAJARAN PPKn MATERI PELANGGARAN HAM KELAS XI DI SMKN 1 CILELES

Usep Hilmi, Isti Rusydiani, Fadlullah Fadlullah

Abstract


Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran berbasis aplikasi Bandicampada mata pelajaran PPKn materi pelanggaran HAM kelas XI SMK. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sedangkan rancangan pengembangannya menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon siswa.Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil uji validasi media dengan nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat layak., hasil uji validasi materi dengan rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon siswa pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XI dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 93%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video pembelajaran berbasis aplikasi Bandicam sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn. Hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest N-Gain skor memperoleh nilai rata-rata 0,73. Jika N-Gain memperoleh nilai rata-rata lebih dari 0,7 maka berada pada kategori tinggi. Adapun hasil rata-rata sebesar 0,73 setelah dipersentasekan diperoleh hasil sebesar 73%. Jika hasil analasis mencapai angka lebih dari 70 persen maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis aplikasi bandicam dapat dikatakan efektif.

 

Kata Kunci : Video Pembelajaran, Aplikasi Bandicam, Efektivitas Belajar dan Pelanggaran HAM.


Full Text:

PDF

References


Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press

Ardiansyah Hairi, 2019.” Pengembangan Video Pembelajaran PPKn Untuk Pengenalan Suku dan Budaya Indonesia. Buleleng : Karmapati

Bambang Eka Purnama. (2005). Proses Pembuatan Film, Indonesia Jurnal on Computer Scoence – Speed 4 Volume 1 Nomor 1 Desember 2007, ISSN 1979 – 9330

Bunyamin Maftuh. (2008). Internalisasi nilai- nilai Pancasila dan Nasionalisme melalui Cholisin (2000). IKN – PKN. Jakarta: Universitas

Beach.Dale S. Personal The Managemen of People, Landon: Work ac Millian, 1975.

Cogan, J. J. 1998. “Citizenship Education for the 21st Century: Setting the Context”. in: John J. Cogan dan Ray Derricott. Citizenship for the 21st Century: An Introduction Perspectives on Education. London: Kogan Page Ltd

Darkasyi, M., Johar, R, Ahmad, A. 2014, Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Ouzartum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe, Jurnal Didakrik Matematika, 1 (1) hal. 21-34

Dindin Jamaluddin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, Epa Paujijah (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.

Dwi Ningwang Agustin. (2018) Serambi Guru, Bukan Sekedar Mengajar. Bondowoso : Semesta Aksara

Eko Prasetyo. (2015).”Ternyata Penelitian Itu Mudah (Panduan Melaksanakan Penelitian Bidang Pendidikan). Lumajang: eduNomi h.34-36

Gionino, Ayi IsaBella S. Madea. 2019. “Angket Ahli Materi.” SCRIBD. 2021 (https://www.scribd.com/document/406313108/Angket-Ahli-Materi).

https://bustangbuhari.wordpress.com/2011/08/25/four-d-model-model- pengembangan-perangkat-pembelajaran-dari-thiagarajan-dkk/ Yogyakarta: Diva Press.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1), 11–26.

Hayim Rosdiana, Yayat Ruhiat, Rahmat Firman Septiyanto.2020, Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kontekstual pada konsep dinamika gerak.Prosiding seminar nasional Pendidikan Fisika UNTIRTA.Serang.2020

Heryanti, N. (n.d.). Jurnal Teknologi Pendidikan ," Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Audio Visual dan Kreatifitas Belajar Terhadap Hasil Belajar. 3-5

J.Prijanto (2017). Pemanfaatan Video dalam pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan untuk meningkatkan berfikir kritis siswa terhadap kebijakan publik. JTP2IPS.Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol.2 No 1 April 2017

Kosasih Djahiri, Ahmad (2002). “Moral and Character Teaching Values and Social Moral Development”. Bandung: Lab. Pengajaran PMP FPIPS UPI

Panggabean Nurul Huda dan Danis A (2020). “ Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan : Yayasan Kita Menulis

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. 14(1), 1–13.

Syarifudin, Albitar Septian. (2020). “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.5(1).31-34.

Syeful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (research and Developement/R&D) (M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E. (ed.); 1st ed.). CV. Alfabebta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Ulfah, Maria. 2020. “pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis kontekstual pada materi benda-benda di sekitar peserta didik untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris di kelas vii smpn 20 kota serang.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yani Wulandari. (2020) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas V Mata Pelajaran IPA di SDIT Mandiri. Tesis Magister Teknologi Pendidikan.Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.Serang.2020

Yulita Pujilestari. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Universitas Pamulang. 10.15408/adalah v4i1.15394

Yusnita Herni, (2017). Layanan Konseling Dengan Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan.Vol.11 Nomor 3 Maret 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i2.13719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats