PENERAPAN MEDIA POSTER MATERI MEMATUHI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII H DI SMPN 15 KOTA SERANG

Nurdiana Nurdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII H di SMPN 15 Kota Serang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII H yang terdiri atas 34 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata. Data kualitatif dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media poster dalam pembelajaran PPKn materi mematuhi peraturan perundang-undangan dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar pada siklus 1 yaitu 65% dengan rerata 71,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,6% dengan rerata 78. Persentase peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II adalah 17,4%

 

Kata Kunci: Poster, Peraturan Perundang-undangan, Motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2007.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2012

Republik Indonesia.2011. Undang-Undang No 12 tentang tata urutan peraturan perundang-undangan.

Syah, Muhibbin.2014. Psikologi Belajar.Raja Grafindo Persada.Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i2.13720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats