KONTRIBUSI BUDAYA UNGGUL SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNGGUL SISWA

Sabarudin Sabarudin

Abstract


Budaya unggul sekolah menjadi suatu kebutuhan sekaligus kondisi ”unik” pembeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Efektivitas tingkat keberhasilannya terlihat dari meningkatnya prestasi baik akademik maupun non akademik serta karakter siswa. Upaya pembentukan karakter unggul siswa sejalan dengan penciptaan budaya sekolah yang unggul pula, ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar baik melalui mata pelajaran maupun serangkaian kegiatan pengembangan diri yang dilakukan di kelas dan luar sekolah. Pembiasaan-Pembiasan (habituasi) dalam kehidupan, seperti: religius, jujur, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainya dengan internalisasi dan personalisasi karakter atau watak melalui proses olah hati,olah pikir,olah raga dan olah rasa serta olah karsa. Proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai budaya unggul sekolah yang dikembangkan secara sistemik,holistik dan dinamis akan melahirkan karakter unggul siswa.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (2003), “Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Jakarta: Depdiknas

Djahiri (1996). Menelusuri Dunia Afektif Pendidikan Nilai dan Moral, Bandung, Laboratorium PMP IKIP Bandung

Frymier. J. Cornbleth, C., Donmoyer, R. Gansneder, B.M., Jeter, J.T., Klein, M.F., Schwab, M., dan Alexander, W.M. (1984). One Hundred Good Schools, Indiana: Phidelta Kappa Publication

Ginanjar, Ary (2007), “ESQ Emotional Spiritual Quotient”, Jakarta, Arga

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. (2011), Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum

Lezotte, Lawrence, Bancroft, Baverley A. (1985). Effective Schools: What Works and Doesn’t Work.. New York: NYT News Letter March.

Lickona, Thomas (1992). ”Educating For Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility”, New York-Toronto-London-Sydney-Auckland: Bantam Books

Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogyakarta.

Owens, R.G. (1995). Organizational Behavior In Education. Boston: Allyn and Bacon.

Samani,Muchlas dan Hariyanto. (2011), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : PT Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats