MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI METODE DISKUSI BERVARIASI

Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan agar mampu memecahkan masalah-masalah kewarganegaraan. Adapun metode pembelajaran yang digunakan metode diskusi bervariasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan, bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan metode diskusi bervariasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.  Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan metode diskusi bervariasi mengalami kenaikan setiap siklusnya hal ini dapat dilihat hasil setiap siklusnya. Pada siklus I berpikir kritis mahasiswa rata-rata 55 %, siklus II berpikir kritis rata-rata 65 % dan sikulus III berpikir kritis rata-rata 80 %. 


Full Text:

PDF

References


Angreni, L. 2012. Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Jurnal Media Komunikasi FIS Vol. 11 April 2012 (1-15).

Arikunto, S.,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Branson, M.S. dkk .1999. Belajar “Civic Education” dari Amerika. Yogyakarta: LKIS dengan didukung The Asia Foundaton (TAF).

Cogan, J.J. And Dericott, R. 1998. Citizenship education for the 21st Century: Setting the Contexs. London: Kogan page.

Dwijananti, P dan Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 108-114.

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Redha, I W. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja No. 3 TH. XXXVI Juli 2003.

Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif & Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis- Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher .

Zaini,H. dkk.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats