MENCIPTAKAN IKLIM PENDIDIKAN YANG MURNI BERBASIS IDEALISME
Abstract
Dunia pendidikan dewasa ini dihadapkan pada permasalahan tersebut. Pendidikan menjadi bidang yang dapat dikapitalisasi, dijadikan sumber keuntungan pribadi. Oleh karena itulah perlu adanya kajian mendalam untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang sedikit banyak telah menggerogoti filosofi pendidikan yang sesungguhnya. Bagaimana pendidikan diarahkan pada proses penemuan makna pengetahuan, dan pengembangan keunikan individu melalui proses pendidikan yang bertahap dan tidak dipercepat. Pertanyaan itulah yang hendak dijawab dalam tulisan ini, agar dapat menciptakan iklim pendidikan yang bebas dari kepentingan individual melalui pendekatan pemikiran idealisme. Memahami Idealisme sebagai suatu aliran Filsafat Pendidikan perlu dilakukan pengkajian makna istilah tersebut melalui pendekatan filsafat, yaitu dengan menjawab ketiga landasan filosofis yang menjadi dasar aliran idealisme: ontologi, epistemologi, aksiologi
Full Text:
PDFReferences
Imam Barnadib.2013. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.
Yasraf Amir Piliang.2011. Dunia yang Dilipat. Bandung: Matahari.
Louis Kattsoff.2004. Pengantar Filsafat. Yogayakrta: Tiara Wacana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats