PERAN METODE ROLE PLAY DALAM MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA KELAS XI IPS DI SMAN 5 KOTA SERANG
Abstract
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Citra Fitriyani 2019 dalam jurnal penelitiannya yang berjudul “Meningkatkan keterampilan berbicara melalui permainan peran pada anak berusia 5-6 tahun”.
Dedi Rizkia Saputra 2020 dalam jurnal penelitiannya yang berjudul "Implementasi Metode Role Play untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten".
Fauzatul Maru’fah Rohmanumeta 2020 dalam jurnal penelitiannya Teks yang berjudul "Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Role Play bagi Siswa Sekolah Dasar”.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Herman et al.,2017. Pandangan mengenai bermain peran dijelaskan oleh Hamzah B. Uno.
Mahfud dan Patsun (2019). "Mengenal Filsafat antara Metode Praktik dan Pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles" (PDF). Cenedekia: Jurnal Studi Keislaman. 5 (1): 135.
Menurut Sugiyono (2018:476), dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi.
Miles dan Huberman (dalam Hardani, 2020: 163). Jelasnya bahwa analisis data melibatkan tiga tahap operasional.
Muhammad Said 2019 dalam jurnal penelitiannya yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Role-Playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SD 2 Padurenan”.
Mulyono (2016: 29) mengemukakan prinsip-prinsip dasar yang terkait dengan pembelajaran kreatif.
Reni Akbar dalam karya Latifah Husien (2017:82), "Kreativitas merupakan kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif atau mengkombinasikan elemen-elemen yang telah ada sehingga tampak seolah-olah menciptakan sesuatu yang baru".
Sugiyono (2019:314), dokumen merupakan rekaman mengenai kejadian yang telah berlangsung, dan disajikan dalam bentuk tulisan, gambar, atau karya penting dari seseorang.
Sugiyono (2020:9) mengemukakan bahwa penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang didasarkan pada filsafat positivisme atau interpretative.
Wicaksono (2016) mengemukakan bahwa teknik bermain peran memiliki dua pengertian yang berbeda.
Widiya dan Agus (2018: 32) mendeskripsikan kreativitas sebagai upaya untuk menciptakan produk atau proses yang akurat, sesuai, bermanfaat, dan memiliki nilai dalam menghadapi tugas-tugas eksploratif.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v8i1.31381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats