ATRIBUSI KEWARGAAN DIGITAL DALAM LITERASI DIGITAL

Yudha Pradana

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada perkembangan teknologi dan informasi yang masif dan menghinggapi semua sendi kehidupan warga[i] negara sehingga memberikan konsekuensi melimpahnya beragam informasi yang dapat diakses. Namun terjadi sebuah kontradiksi dimana semakin berkembangnya berita bohong dan perselisihan yang diakibatkan penggunaan dan penyebaran informasi melalui media digital. Hal tersebut tentu memerlukan sebuah kemampuan untuk memilah dan memilih berbagai informasi yang bercirikan literasi digital warga negara. Selain itu, perkembangan teknologi informasi memunculkan konsep kewargaan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi terkait kewargaan digital dan literasi digital. Penelitian ini diharapkan akan memberikan gambaran mengenai keterkaitan kewargaan digital dan literasi digital. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa warga negara digital dan literasi digital memiliki keterkaitan diantaranya ialah melalui karakteristik yang well informed, aktif, kritis, care, etis, dan bertanggungjawab. Dalam konteks tersebut warga negara harus pandai memilah informasi dengan data dan fakta yang benar dan valid. Selain itu seorang warga negara harus dapat mengidentifikasi kredibilitas sumber informasi dengan rasional dan logis, serta tidak emosional. Pengembangan literasi digital harus dilakukan melalui edukasi media yang menyajikan informasi  lengkap dan berimbang sebagai bahan bagi warga negara untuk menjadi warga negara yang aktif dan berperan positif.

 


Full Text:

PDF

References


Baehaqi Arif, Dikdik. dan Syifa Siti Aulia. 2016. Kewargaan Digital, Penguatan Wawasan Global Warga Negara, dan Peran PPKN. Prosiding Seminar Nasional, Kongres dan Deklarasi AP3KnI 2016.

Belshaw, Douglas AJ. 2011. What is 'digital literacy'? A Pragmatic investigation. Durham: Durham University. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Feriansyah. 2014. Warga Negara Digital Sebagai Instrumen Menuju Warga Negara Global ( Penelitian Grounded Theory Tentang Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Praktik Kewarganegaraan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Tesis. Tidak Diterbitkan.

Mossberger, Karen. dkk. 2008. Digital Citizenship: The Internet, Society, and Participation. Massachusetts: The MIT Press.

Nasrullah, Rullie, dkk. 2017. Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Novi Kurnia dan Santi Indra Astuti. 2017. Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. Jurnal Informasi, Volume 47. Nomor 2. pp. 149-166

Rahyaputra, Viyasa. 2017. Open Data dan Civic Engagement. Dalam Kumpulan Ulasan Politik, Ekonomi, dan Gaya Hidup Era Digital. Yogyakarta: Center for Digital Society.

Ribble, Mike dan Gerald Bailey. 2007. Digital Citizenship In Schools. Washington DC: International Society for Teehnology in Education.

Syaripudin, Acep, dkk. 2017. Kerangka Literasi Digital Indonesia. Jakarta: ICT Watch.

Shabrina, Fidya. 2017. Demokrasi Digital: Siapkah Kita?. Dalam Kumpulan Ulasan Politik, Ekonomi, dan Gaya Hidup Era Digital. Yogyakarta: Center for Digital Society.

UNESCO. 2011. Digital Literacy in Education. Moscow: UNESCO Institute for Information Technologies in Education




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats