ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH

Dada Suhaida, Santi Rohana

Abstract


Penelitian ini untuk memfokuskan pada “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah”. Tujuan umum penelitian adalah “kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah . Tujuan khusus yakni; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah, 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Metode penelitian yakni deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey, dengan populasi siswa kelas VII SMPN 2 tahun ajaran 2017/2018 Siantan Kabupaten Mempawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data berupa panduan wawancara, angket, soal tes dan dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan rumusn mean (rata-rata) dan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan dalam katagori “baik” yakni nilai rata-rata studi 72, 84 yang artinya Tuntas. 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan sebesar 81.625% yang termasuk kategori “meningkat”.

References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Ali, Mohammad. (1984). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudijono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN

Vidayanti, dkk. (2013). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. http://journal.unej.ac.id/download-fullpapers- jppp85eb445cb3. pdf. (Di unduh Selasa 24 April 2018 jam 09.00 WIB).

Surmiyati, dkk. (2014). Analisis Kemampuan Kognitif dan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Siswa Setelah Penerapan KTSP. http://jurnalbeta. ac.id/index.php/betaJTM/article/view/42 (Di unduh Selasa 24 April 2018 jam 09.48 WIB)

Yohanda, A. D. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode Mind Mapping Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article (Di undur Selasa 24 April 2018 jam 11.00).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats