IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION SISWA

Riska Nurlita, Damanhuri Damanhuri, Wika Hardika Legiani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak program penguatan pendidikan karakter sebagai penunjang keberhasilan pendidikan karakter siswa di SMAN 1 Kramatwatu, yang ditinjau oleh beberapa program dan strategi penguatan pendidikan karakter sehingga dapat memungkinkan adanya penguatan karakter sekaligus peningkatan sikap kewarganegaraan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kramatwatu. Adapun waktu penelitian mulai dilakukan pada Desember 2017 sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Pemeriksaan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji triangulasi data dari berbagai sumber dengan berbagai teknik dan kesimpulan yang ditarik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di SMAN 1 Kramatwatu dinyatakan sudah efektif berjalan dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan civic disposition dalam membentuk watak, sikap dan karakter kewarganegaraan melalui kegiatan terprogram yang terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Walaupun ada beberapa kendala dalam implementasinya, seperti faktor dana dan faktor waktu.

Full Text:

PDF

References


Moleong, J, Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori, Djam’an dan Komariah Aan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Isi, Strategi, dan Penilaian). Jakarta: Bumi Aksara.

Wuryan Sri, & Syaifullah. (2014). Ilmu Kewarganegaraan (CIVICS). Bandung:Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

Http://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017. pdf. html. Diakses, Senin 08 Januari 2018, jam 21.00.

Http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf.html. diakses Rabu 4 Oktober 2017. Jam 22.00

Malatuny, Godlif, Yakob dan Rahmat., (2017). Pembelajaran Civic Education Dalam Mengembangkan Civic Disposition. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, Vol 6, Number 1,

Http://jurnalpedagogika.org/folderjurnal/jurna_1495636488.pdf.html diakses senin, 15 Januari 2018. Jam 21:45

Pangalila, Teodorus. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 7. Nomer 1,

(Https://media.neliti.com/media/publications/121771-ID-peningkatan-civic-disposition-siswa-mela.pdf.html.diakses Sabtu 7 Oktober 2017 Jam 22:00)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats