PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KAHOOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA DALAM PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Oo Kosidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII TKJ C SMK Negeri 1 Padaherang. Penyebab utama adalah guru kurang memberikan variasi media pembelajarannya. Berbagai media pembelajaran interaktif ditawarkan. Hal ini merupakan sebuah solusi untuk menyajikan pembelajaran menarik dan inovatif dengan berbasis e-learning. Adanya media pembelajaran online maupun offline diharapkan mampu membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan. Jika dikaitkan dengan pelajaran PPKN diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai keseluruhan kompetensi dasar. Salah satu alternatif yang relevan adalah menggunakan media pembelajaran online Kahoot yang interaktif agar dapat menjadikan siswa aktif dalam mengemukakan ide dan gagasannya serta menjadi alat evaluasi ketercapaian sebuah kompetensi dasar. Selain itu, media pembelajaran online Kahoot juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi proses pembelajaran yang menyenangkan karena fiturnya tidak membosankan serta menciptakan sebuah kompetisi pengumpulan nilai diantara sesama peserta evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pemanfaatan media Kahoot dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Team Group Tournament (TGT) dengan menggunakan media Kahoot, (2) mengetahui kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar pserta didik dalam proses pembelajaran dengan model TGT melalui penggunaan media Kahoot. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan revisi perencanaan pembelajaran untuk siklus berikutnya. Adapun langkah-langkah peningkatan hasil belajar pada materi Hak Asasi Manusia dalam Pancasila melalui media pembelajaran interaktif online Kahoot pada peserta didik kelas XII TKJ C SMKN 1 Padaherang, yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran Hak Asasi Manusia dalam Pancasila melalui media pembelajaran interaktif online Kahoot dalam dua siklus PTK dan menempuh prosedur penilaian yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data hasil observasi dan evaluasi pada silkus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran online Kahoot dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII TKJ C SMKN 1 Padaherang dengan peningkatan rata-rata hasil belajar 29% (siklus I 48,73 siklus II 77,56), peningkatan ketuntasan adalah 36,55% (siklus I 19 peserta didik, siklus II 32 peserta didik). Hipotesis kegiatan PTK dengan fokus pada pmbelajaran berbasis e-learning Kahoot! telah tercapai dengan angka presentase keberhasilan 85%.

Full Text:

PDF

References


A. Referensi Buku

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

_______________. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djauhari, Otong. 2001. Metode Penelitian Ilmiah. Bandung : Yrama Widya.

Kusnandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajawali Press.

________, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sadirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Transito

Tim bina karya guru. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga.

B. Referensi Internet

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Inforamsi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Diposting pada tanggal 15 November 2016. Tersedia [On-line] : http://budimanharis.blogspot.com/2016/11/peran-teknologii-dan-informasi-dalam-pendidikan.html.

Purwati, Hasanah. (2018). Inilah Cara Memainkan Quiz Interaktif Kahoot. Diposting pada tanggal 16 Februari 2018. Tersedia [On-line] : http://www.sangpengajar.com/2018/05/inilah-cara-memainkan-quiz-interaktif-kahoot.html. (Diunduh pada hari Sabtu, tanggal 17 November 2018, Pukul 19.25 WIB).

Suaidin. (2016). Model dan Jenis-Jenis Pembelajaran Kooperatif. Diposting tanggal 24 Agustus 2016. Tersedia [On-line] : https://suaidinmath.wordpress.com//?s=model+dan+jenis-jenis+pembelajaran+kooperatif.html (Diunduh pada hari Sabtu, tanggal 17 November 2018, Pukul 19.30 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i2.7180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats