UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN OPENING PAGI DI SMPN 14 KOTA SERANG

Rachmat Hardiyana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepala SMPN 14 Kota Serang yang membiasakan anak didiknya untuk selalu mengikuti kegiatan pembiasaan opening pagi saat jam sebeum belajar dalam membina karakter disiplin siswa. Disini peneliti ingin mengukur seberapa berpengaruhnya pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Rumusan masalah dalam penulisan Tindakan Sekolah ini adalah (1) Adakah penerapan pembiasaan opening pagi meningkatkan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karkater disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Serang.Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah dengan pengambilan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis data didapatkan hasil siklus I pada siswa adalah dengan ketuntasan 68, dan siklus 75 %.Dari hasil analisis dan penghitungan data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang. Kesimpulan dan saran, penerapan model pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang

Full Text:

PDF

References


A’yuni. 2014. The Power Of Dhuha Kunci Memaksimalkan Shalat Dhuha dengan Doa Doa Mustajab. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Alim, Zezen Zainal. 2008. The Power of Shalat Dhuha. Jakarta. Quantum Media.Al-Khuly, Hilmy. 2007. Shalat itu Sungguh Menakjubkan Menyikap Rahasia Sehat dan Bugar Dibalik Gerakan Shalat. Jakarta.Mirqat.

Aminuddin dkk. 2005. Pendidikan Agama Islam untuk sekolah Ghalia Indonesia.

An-Nahlawi, Abdurrahman 1992. Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Agama Islam: dalam keluarga, disekolah dan dimasyarakat, Bandung: CV. Diponegoro.

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta. Ciputat Pers. Asmaran, 2002. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta. PT Raja Grafindo.

Azmi, Muhammad. 2006. Pembinaan Akhlak Anak Usia Sekolah. Yogyakarta. CV. Venus Corporation. Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. 1981/1982.Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta. Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Edisi Ke-2, Cet Ke-4. 1995. Jakarta.Balai Pustaka

Depdikbud.1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta. Balai Pustaka.

Esri Wuryani Djiwandono, Sri. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta. PT Grasindo.

Fikra, Rausyan. 2009. Dibalik Shalat Sunnah. Sidoarjo. Mesmedia Buana Pustaka.

Ghazali, Imam. 2008. Bertambah Kaya Lewat Shalat Dhuha Ritual Halal Menjemput Rejeki. Jakarta. Mitrapress.

Hasan, Idrus. 2001. Risalah Salat Dilengkapi dengan Dalil-Dalilnya. Surabaya. Karya Utama.

Ibnu Abdillah, Ubaid. t.th. Keutamaan dan Keistimewaan; Shalat Tahajud, Shalat Hajat, Shalat Istikharah, Shalat Dhuha. Surabaya. Pustaka Media

Muhibbin Syah, (1995) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v5i1.8242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats