engembangan media besmart: Inovasi media belajar bangun datar untuk siswa dengan hambatan penglihatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu Besmart dengan layak sebagai inovasi pendekatan pemecahan masalah yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar dan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian dan Pengembangan (RnD) ini menggunakan Instructional Design (Desain Pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan materi, media, dan siswa dengan pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan dari media kartu Besmart. Analisis data dilakukan melalui lima langkah, yakni analisis kebutuhan, perencanaan (design), pengembangan, uji coba produk, dan evaluasi. Produk ini dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar dan meningkatkan hasil belajar siswa di SLB A YKAB Surakarta. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan perhitungan data statistik menunjukkan nilai rata-rata pre-test yaitu 61,5 dan nilai post-test yang menunjukkan progres yang lebih baiki yaitu 81,67, jadi kesimpulannya terdapat peningkatan pemahaman mengenai materi bangun datar dan hasil belajar pada siswa sebelum dan setelah menggunakan media kartu Besmart.
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i1.16975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats