engembangan media besmart: Inovasi media belajar bangun datar untuk siswa dengan hambatan penglihatan

Afina Nur Aisyah Putri, Afina Nur Aisyah Putri, Devinda Nur Fitriany, Dinda Agustina Putri Sadanti, Dinda Agustina Putri Sadanti, Kamila Nisa Nur Fadilah, Kamila Nisa Nur Fadilah, Shofiya Qotrunnada, Shofiya Qotrunnada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu Besmart dengan layak sebagai inovasi pendekatan pemecahan masalah yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar dan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian dan Pengembangan (RnD) ini menggunakan Instructional Design (Desain Pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan materi, media, dan siswa dengan pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan dari media kartu Besmart. Analisis data dilakukan melalui lima langkah, yakni analisis kebutuhan, perencanaan (design), pengembangan, uji coba produk, dan evaluasi. Produk ini dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar dan meningkatkan hasil belajar siswa di SLB A YKAB Surakarta. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan perhitungan data statistik menunjukkan nilai rata-rata pre-test yaitu 61,5 dan nilai post-test yang menunjukkan progres yang lebih baiki yaitu 81,67, jadi kesimpulannya terdapat peningkatan pemahaman mengenai materi bangun datar dan hasil belajar pada siswa sebelum dan setelah menggunakan media kartu Besmart.

 

Keywords


Media Kartu Besmart; Bangun Datar; Tunanerta



DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i1.16975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats