PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI KINEMASTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII DI SKH PELANGI ANAKKU KOTA TANGERANG

Yeni Yeni, Yuni Tanjung Utami, Sistriadini Alamsyah Sidik

Abstract


Permasalahan yang terjadi pada anak dengan hambatan interlektual  di kelas VII SMPKh SKh Pelangi Anakku Kota Tangerang yang belum mampu dalam mengenal Bangun datar, yaitu bentuk bangun datar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data dan informasi mengenai penerapan media video animasi kinemaster dalam meningkatkan Kemampuan mengenal bangun datar bagi anak dengan hambatan intelektual kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Peneliti menggunakan metode eksperimen dalam penelitian ini melalui pendektakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Perkembangan subjek dapat dilihat melalui fase baseline 1 (A-1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A-2). Subjek pada penelitian ini yaitu anak dengan hambatan intelektual ringan kelas VII SMPKh Pelangi Anakku. Target behavior pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal Bangun Datar. Pengumpulan data dalam peilitian ini yaitu dengan cara observasi dan tes. Pemerolehan data dianalisis melalui data statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media video animasi kinemaster dapat meningkatkan kemampuan mengenl bangun datar bagi anak dengan hambatan intelektual  kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan mean level pada fase baseline 1 (A-1) sebesar 33, fase intervensi (B) sebesar 88,62, dan fase baseline 2 (A-2) sebesar 65. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerepan media video animasi kinemaster dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar anak dengan hambatan intelektual kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang.

Keywords


Media Video Animasi Kinemaster, Kemampuan Mengenal Bangun Datar, Anak Dengan Hambatan Intelektual.

Full Text:

PDF

References


(2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

_______. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

_______.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

A. F., Fuchs, D., & Wehby, J. H. (2019). Are students with disabilities accessing the curriculum? A meta-analysis of the reading achievement gap between students with and without disabilities. Exceptional Children, 85(3), 329-346.

Al Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita berbasis kinect. Prosiding Snatif, 13-20.

Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Arief S. Sadiman, et .al., Media Pendidikan Pengertian, Pengem bangan, dan Pem anfaatannya, (Jakart a: P T RajaGrafindo P ersada, 3003), hal 6

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran cetakan ke –14 (Jakarta:Rajawali Pers, 2011), p.3

Asnawir –Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran(Jakarta: Ciputat Pers, 2002), hal 126.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT RajaGrafindo P ersada, 2007), hal 3.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Bandung: Rosda Karya.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Delvytamara, M., & SAP, F. P. (2018). Dampak Berpikir Positif Bagi Anak Berkebutuhan Khusustunanetra Di Yaketunis Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional ( 2014)Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Efendi, Mohammad. "Pengantar psikopedagogik anak berkelainan." (2006).

Gilmour, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.solitekids. secilmembac a (diakses pada tanggal 26 Januari 2019)

Khaira, Hafizatul. "Pemanfaatan

Aplikasi Kinemaster Sebagai Media

Pembelajaran Berbasis ICT."

Prosiding Seminar Nasional

Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia (SemNas PBSI)-3. FBS Unimed Press, 2021

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Leli Achlina, P urnama Suwardi, Kam us Istilah Pertelevisian, (Jakart a: P T . Kompas Media Nusant ara, 2011), hal 8

Moh amin, ”Ortopedagogik Anak Tunagrahita”, (Bandung: Departemen Pendidikan

Nasional, 1995), hal 19

Muhammad Rifa‟I, Sosiologi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011),hlm.35

Muhassanah, Nuraini, Imam Sujadi, and Riyadi Riyadi. "Analisis keterampilan geometri siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir van hiele." Jurnal Pembelajaran Matematika 2.1( 2014)

Muhibbin, Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Musfiqon dan Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo:Nizamia LearningCerter, 2015

Musfiqon dan Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo:Nizamia LearningCerter, 2015

Nana Sudjana -Ahmad Rivai, Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya), (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009), 2

Nasional, Ujian, and Dilindungi oleh Undang-undang. "bahasa indonesia." Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2008).

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Pusat Bahasa Departemen P endidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, (Jakart a: Balai P ust aka, 2005), hal 726.

Ranang A.S., Basnendar H, dan Asmoro N.P., ANIMASI KARTUN Dari Analog Sampai Digital, (Jakart a: P T . Indeks, 2010), hal 9.

Ratih Putri Pratiwi dan Afin Murtiningsih. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Rogers, Wendy dan Nicole Johnson. (2018). Strategies to Include Students with Severe/ Multiple Disabilities within the General Education Clasroom. Physical Disabilities : Education and Related Services. Vol. 37 : No. 2

Rosmaya, I., Sulaeman, S., & Purwati, N. H. (2019). Pengaruh Video Interaktif dan Media Gambar terhadap Kemampuan Merawat Diri pada Anak Tunagrahita. Journal of Telenursing (JOTING), 1(1), 17-26.

Sanagi, M. M., Salleh, S., Ibrahim, W. A. W., Naim, A. A., Hermawan, D., Miskam, M., ... & Aboul-Enein, H. Y. (2013). Molecularly imprinted polymer solid-phase etraction for the analysis of organophosphorus pesticides in fruit samples. Journal of Food Composition and Analysis, 32(2), 155-161.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Solite Kids. (Tanpa tahun). Aplikasi Secil Membaca. Tersedia (Online) :

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sumarsono, A dan Murni Sianturi. (2019). Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). Vol. 6 : No. 2

Sunanto, Juang, dkk (2006). PenelitiandenganSubjek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Sunanto, Juang, dkk. (2006). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. University of Tsukuba: CRIED

Sunanto, Juang. (2013). Konsep Dasar Individu dengan Hambatan Majemuk. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 12 : No. 1

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sutjihati, Somantri. "Psikologi anak luar biasa." Bandung: Refika Aditama (2006).

Suwarna, dkk. (2006). Pengajaran Mikro; Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta : Tiara Wacana

Wardani, “Pengantar Pendidikan Luar Biasa”, (Universitas Terbuka: Jakarta, 1996), hal 6.21

Wardani, “Pengantar Pendidikan Luar Biasa”, (Universitas Terbuka: Jakarta, 1996), hal 6.5

Wati, G. M. (2012). Outbound management training untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri anak tunagrahita. Educational Psychology Journal,I (1)

WATI, LINAKSITA ANINDYA. "Pemanfaatan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya." Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1.1 (2013): 1-10.

Wicaksono, Gunawan, Fatwa Sari Ulkhusna, and Purnama Betty. "Penatalaksanaan Okupasi Terapi Menggunakan Behavior Modification Dalam Aktivitas Menyikat Gigi Pada Kasus Keterbatasan Intelektual Taraf Sedang Di Panti Sosial Bina Grahita Ciungwanara Bogor." Jurnal Vokasi Indonesia 6.1 (2018).

Widada dan Afnan Rosyidi. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal IT CIDA. Vol. 3 : No. 2

Zamroni, A. 2011. Pendidikan untuk Demokrasi. Yogyakarta: Penerbit Bigraf Publishing

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. (1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats