PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK TUNAGRAHITA

Dela Setyautami, Reza Febri Abadi, Dedi Mulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka anak tunagrahita melalui media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak tunagrahita kelas II di SKh Caraka Pratama. Hal ini ditunjukan meningkatkannya rata-rata perolehan data pada kedua target behavior. Hasil yang di dapat target behavior 1 (menyebutkan angka 1-10) pada fase A-1 (baseline 1) adalah 23%, setelah dilakukan intervensi pada fase (B) Rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 68,5% dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A-2 (baseline 2) adalah 60%. Untuk target behavior 2 (menunjukkan angka 1-10) hasil rata- rata perolehan data yang didapat pada fase A-1 (baseline 1) adalah 30% setelah dilakukannya intervensi ada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 69%, dan setelah diberikan intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A-2 (baseline 2) adalah 60%. Dengan demikian maka ditarik kesimpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak tunagrahita kelas II di SKh Caraka Pratama

Keywords


Mengenal angka, Media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint, Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


¬ Dewi, Cut Okta. (2021). Penggunaan Media Ular Tangga Braille Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Angka 1 – 10 Anak Dengan Hambatan Penglihatan. Jurnal Unik : Pendidikan Luar Biasa.

Finch, H., Finch, Maria H., dkk. (2021). Applied Single Subject Research For School Psychologists And Educators. America: Information Age Publishing.

Hidayat, Yusuf. (2023). Analisis Komparasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Dengan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022. Jurnal Intisabi. Vol 1 (1). 10.54012/intisabi.v1i1.154

Kuncoro, K. W. S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Power Point Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunarungu Kelas 1 Slb Wiyata Dharma 1 Sleman. Widia Ortodidaktika, 8(1), 57-66.

Marlina. (2023). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal). Jakarta: Rajawali Pers

Mulyani, P., Purbasari, I., & Santoso, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Sosial Anak: Studi Kasus Di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (3), 737-747. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8461

Riyanto, S., Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Sleman: Deepublish.

Tonra, Wilda Syam., Abdullah., dkk. (2022). Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Media Pohon Angka Pada Jenjang PAUD. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5108




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats