PENGGUNAAN METODE LEARNING BY DOING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA TUNARUNGU DI SKH GHYTA KIARA 03 PAGELARAN
Drajat Saefullah, Toni Yudha Pratama, Sistriadini Alamsyah Sidik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode learning by doing dalam meningkatkan kemampuan keterampilan dasar bermain sepak bola pada anak tunarungu kelas V di SKh Ghyta Kiara 03 Pagelaran. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR). Berdasarkan hasil penelitian pada dua target behavior menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan dasar bermain sepak bola. Fase baseline 1 (A1) yang dilakukan 4 sesi menunjukkan kesamaan nilai yang stabil sebelum diberikan intervensi. Fase intervensi (B) yang dilakukan 8 sesi menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan saat fase baseline 1 yang membuat peningkatan nilai pada baseline B naik jadi beberapa tingkat presentase. Fase baseline 2 (A2) yang dilakukan 4 sesi menunjukkan kesamaan nilai yang stabil setelah diberikan intervensi. Efektifitas dilihat dari presentase overlap, dari intervensi (B) ke baseline 1 (A1) tidak menunjukkan data yang tumpeng tindih, sedangkan dari baseline 2 (A2) ke intervensi (B) menunjukkan presentase overlap 25%. Secara keseluruhan penggunaan metode learning by doing efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan dasar bermain sepak bola pada anak tunarungu kelas V di SKh Ghyta Kiara 03 Pagelaran
Keywords
metode learning by doing, kemampuan keterampilan dasar bermain sepak bola, anak tunarungu