PENGEMBANGAN CAR ASISSTANT FOR PHYSICAL DISABILITY (CANTIC) UNTUK MEMBANTU MAHASISWA DISABILITAS FISIK BEKENDARA DI LINGKUNGAN RUMAH DAN PERGURUAN TINGGI

BUdi Kurnia

Abstract


Kemampuan mobilitas yang besar dalam segala aspek kehidupan merupakan dambaan setiap individu tidak terkecuali mereka yang berkebutuhan khusus. Terutama untuk teman-teman penyandang disabilitas fisik akan sangat kesulitan, keinginan untuk berkendara dari rumah menuju kampus atau tempat lainnya sangat didambakan oleh mahasiswa disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh seorang ahli media pembelajaran. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dari wawancara dan observasi dari subjek, yaitu mahasiswa tunadaksa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen wawancara dan observasi. Dengan capaian pengembangan desain produk, produk ini mendapatkan presentase tingkat pencapaian sebesar 100% dengan kualifikasi layak. Untuk caaian pengembangan produk memeperoleh presentase 100% dengan kualifikasi layak.  Dari segi capaian manual book memperoleh presentase 80%. Selanjutnya untuk capaian video tutorial memperoleh presentasi 95% dengan kualifikasi layak. Untuk capaian publikasi artikel memperoleh 80% karena harus menunggu hasil uji coba produk tahap 2 terlebih dahulu. Selanjutnya untuk capaian SK ULD memperoleh presentase 100% dengan kualifikasi layak. Pada prosesnya tidak ada kendala karena ULD sudah disetujui dan disahkan di kampus.Untuk penilaian yang diberikan untuk produk alat bantu ini mendapatkan presentase tingkat pencapaian sebesar 100% dengan kualifikasi layak dikarenakan produk yang dikembangkan bekerjasama dengan ahli bidang manufaktur dan tempat pembuatan, yang dimana produk dibuat dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan mahasiswa disabilitas tunadaksa. Pada penilaian dari segi ini, ahli media memberikan saran agar memperhatikan bahan dan proses pembuatannya. Dengan demikian produk alat bantu Car Asisstant for Physical Disability ini dapat mendapatkan kualifikasi layak untuk digunakan oleh penyanang disabilitas fisik untuk digunakan sebagai mobilitas mereka dalam menggunakan mobil.


Keywords


Pengembangan, Car Asisstant For Physical Disability, Disabilitas Fisik

Full Text:

PDF

References


Desai, Sumit, S. S. Mantha, and V. M. Phalle. 2017. “Advances in Smart Wheelchair Technology.” 2017 International Conference on Nascent Technologies in Engineering, ICNTE 2017 - Proceedings.

Mais, Asrorul, Inna Hamida Zusfindhana, and Renalatama Kismawiyati. 2021. “Motor Modifikasi Untuk Rosita, T., Rochyadi, E., & Sunardi. (2020). Teknologi Asistif dalam Pendidikan Inklusif. Creative of Learning Students Elementary Education, 301-307.

Seviarica, H. P., Akhmad, F., Berliyana, A. S., Atmojo, S. T., & Fauzi, R. (2021). karakteristik dan pengembangan pelayanan pendidikan islam tunadaksa. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 102-120.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., Pudjawan, K., (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats