Pengembangan Modul Inovasi Pendidikan Berbasis Universal Design for Learning (UDL) yang Inklusif bagi Mahasiswa Disabilitas

Sayidatul Maslahah, Siti Musyarah, Sistriadini Alamsyah Sidik, Reza Febri Abadi, Toni Yudha Pratama, Yuni Tanjung Utami, Dedi Muia, Neti Asmiati, Zerlinda Lutfianti, Salsabila Septiani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul inovasi berbasis Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan bagi mahasiswa disabilitas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE. Hasil penilaian kepada ahli media, ahli materi, dan uji coba didapatkan hasil baik dan layak untuk digunakan. Adapun aspek-aspek yang dinilai di antaranya adalah aspek materi/ isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Adapun data uji ahli media skor 3,65 dan ahli materi 3,8 menyatakan bahwa produk ini layak dan sangat baik untuk diterapkan. Selain itu, respon dalam tahapan uji coba juga menunjukkan data rerata uji coba 3,7 menunjukkan makna sangat baik terhadap produk. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini layak digunakan bagi mahasiswa tunanetra

Keywords


Modul Inovasi Pendidikan, Mahasiswa Disabilitas, Universal Design for Learning, Inklusif

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v8i2.23157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats