SIKAP SISWA TUNARUNGU TERHADAP SIBI (SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA)

Yuni Tanjung Utami

Abstract


Judul tersebut diambil dari permasalahan yang ada dilapangan yang berkenaan dengan pro dan kontra terhadap penggunaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) di sekolah-sekolah di Indonesia saat ini. Untuk itu perlu kiranya ada sebuah penelitian mengenai sikap terhadap SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Peneitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa bagian B (Tunarungu) di Kota Bandung yang terdiri atas 61 0rang siswa, 57 orang tua dan 25 orang guru di Sekolah Luar Biasa bagian B. Tujuan utama penelitian ini adalah ingin mendapatkan gambaran mengenai sikap siswa tunarungu terhadap penggunaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dilihat dari komponen kognitif, afektif dan konatif. Adapun tujuan khususnya adalah mendapatkan gambaran tentang dukungan dari orangtua dan pihak sekolah terhadap penggunaan SIBI (Ssitem Isyarat Bahasa Indonesia). Penelitian ini menggunakan pendkatan kuantitatif dengan metode deskriptif yang prngumpulan datanya dilakukan dengan skala sikap model Likert yang diberikan kepada siswa, dan angket pertanyaan kepada orangtua dan guru.  Hasil penelitian menunjukan (1) sikap siswa tunarungu terhadap penggunaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) sudah baik. Orang tua sudah mendukung dan mempunyai sikap yang baik terhadap pengggunaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)  dan pihak sekolah dalam hal ini  guru telah mendukung dan mempunyai sikap yang baik terhadap penggunaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) di sekolah. Hal ini menunjukan bahwa orang tua dan guru telah memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap siswa remaja tunarungu dalam penggunaan SIBI. Dengan adanya sikap yang baik yang ditunjukan oleh siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa di Kota Bandung, dan adanya dukungan dari orang tua dan guru, maka siswa tunarungu, orangtua dan guru telah melaksanakan, menerima dan mendukung keberadaan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) sebagai bahasa pengantar di Sekolah Luar Biasa di Kota Bandung. 


Full Text:

PDF

References


Arsyad .A ( 2007 ) Media pembelajaran ,Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto.S. ( 2006 ) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, PT Rineka Cipta Jakarta.

Darminta , P ( 2001 ) kamus Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka.

Djaelani ( 2009 ) Skripsi UPI, Penggunaan Media Compic dalam Meningkatkan

kemampuan Memahami Kosakata pada Anak Tunarungu.

Kemis, Heryani.I ( 2011 ), Media Pembelajaran untuk Anak dengan Gangguan Pendengaran, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Lutfiyah.N.( 2008 ) Skripsi UPI, Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Dasar pada Anak Tunagrahita Sedang dengan Penggunaan Media Kartu Gambar.

Rochayati.I.H. ( 2009 ) Skripsi UPI, Pengguanaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu.

Siswanti ( 2006 ) Skripsi UPI, Peranan Media Flashcards dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Kosakata Anak Tunarungu.

Somantri , S. ( 2001 ) . Psikologi Anak Luar Biasa , Penerbit Bandung : Refika

Sudjana.N dan Rivai.A ( 2003), Media Pengajaran, Bandung Sinar Baru Algensindo.

Sugianti.S.( 2010 ) Skripsi UPI, Pengaruh Pendekatan Komunikatif dalam Mengurangi Kelainan Bicara Adisi pada Anak Tunarungu.

Sadiman ( 2003 ) Media Pendidikan, Jakarta PT Grafindo Persada.

Sadjaah, E . ( 2003 ) Bina Bicara , Persepsi bunyi dan irama Penerbit San Grafika – Bandung .




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats