PENYUSUNAN ASESSMEN DAN HASIL UJI COBA ASESMEN MOTORIK HALUS UNTUK KESIAPAN MENULIS PERMULAAN DAN PRE-REQUISITNYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya suatu asessmen yang dapat mengukur perkembangan motorik halus untuk kesiapan menulis permulaan seorang anak. Asessmen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah proses sistematis dalam mengumpulkan data dan informasi tentang perkembangan motorik halus dalam kesiapan menulis permulaan yang sudah dimiliki siswa, hambatan atau kesulitan yang dialami, dan kebutuhan belajar yang dihadapi saat ini secara individual. Dalam melakukan asesmen ini, terlebih dahulu peneliti merancang sebuah instrumen asesmen dengan mengembangkan poin-poin yang telah ada untuk aspek motorik halus untuk kesiapan menulis permulaan yang selanjutnya dijadikan acuan dalam pelaksanaan asesmen. Tujuan dari penelitian asessmen ini yaitu sebagai panduan untuk membantu guru, praktisi pendidikan, siswa maupun orang tua dalam menemukan kemampuan motorik halus yang telah dimiliki siswa, menemukan hambatan dan faktor penyebab siswa belum dapat menulis, serta membantu guru maupun praktisi pendidikan dalam menemukan informasi berharga untuk keperluan membuat program pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba di TK Mustika Lembang, diketahui terdapat dua orang anak yang mengalami hambatan dalam menulis permulaan. Hasil dari uji coba ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pihak guru dan sekolah dalam menyusun suatu program pembelajaran bagi anak.
Kata Kunci : Asessmen, Motorik Halus, Kesiapan Menulis Permulaan
Full Text:
PDFReferences
CRI Team, Pembelajaran Berpusat pada Anak, Washington: CRI
Gerald Wallace, James A. McLoughlin. (tahun). Learning disabilities: concepts and characteristicsEdisi3, direvisiPenerbitMerrill Pub. Co., 1988ISBN0675208289, 9780675208284
Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga Press
Lerner, janet, W (1988). Learning disabilities : Theories, Diagnosis and teaching
strategies.New Jersey: Houghton Mifflin Company.
Mulliken, R. K., & Buckley, J. J. (1983). Assessment of multihandicapped and developmentally disabled children. Rockville, MD: Aspen,
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Setia, Endang, dkk.( 2011). Assesment motorik halus untuk perkembangan Kemampuan pra menulis dan kemandirian anak Prasekolah (usia 4-6 tahun). Makalah. UPI: Tidak diterbitkan.
Soendari, Tjutju. (..). Asesmen Menulis Permulaan. Makalah. UPI. Tidak diterbitkan.
Wordpress.com/2012/01/27/deteksi dan intervensi dini
Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung. PT
Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats