STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PADA ANAK TUNA NETRA-RUNGU DI SLB RAWINALA JAKARTA

Dedi Mulia

Abstract


Tidak ada pelajaran khusus untuk mengajarkan komunikasi. Komunikasi digunakan disetiap pelajaran dan disetiap kegiatan anak. Guru menggunakan tiga macam cara berkomunikasi ketika mengajar yaitu bahasa isyarat dalam bentuk isyarat rabaan dan sentuhan, simbol-simbol dan benda-benda konkrit. Cara yang dilakukan guru kelas dalam memelihara kemampuan komunikasi anak agar tidak mengalami kemunduran yaitu mengajak anak untuk selalu aktif berkomunikasi di sekolah dan di rumah.

Kata Kunci :  Komunikasi, Bahasa Isyarat.


Full Text:

PDF

References


Abdurrachman & Sudjadi. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994.

Alsop, Linda. A Resource Manual for Understanding & Interacting with Infants. Toddiers & Presschool Age Children with Deaf-Bliendness, Logan : SKI HI Institute, 1993.

Durkel, J.C. Non-Verbal Communication: Cues, Signal and Symbols, (http//www.tsbvi.edu/Education/vminonverbal.hlm).

Johsen, B.H dan Miriam D. Skjorten. Buku I Menuju Inklusi: Pendidikan Kebutuhan Khusus (Sebuah Pengantar). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Liliweri, Alo. Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Bandung: PT. Citra Aditya Bakty, 1994.

Mangunsong, Frida. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3, 1998.

Moekijat. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju, 2008.

Moleong, J.L. Metode Penelitian Kualitattif. Jakarta: Rosada Karya, 1989.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1996.

Rusman. Model-model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Bandung: Rajawali Perst, 2010.

Weningsih.Komunikasi Pra-Simbolik Pada Anak Tuna Netra Rungu. Jakarta: Skripsi PLB UNJ, 2009.

Wijayantin, Anastasia. Pengembangan Desain Pemeblajaran bagi Anak Buta-Tuli (Deafblind) Berdasarkan Kurikulum Fungsional dan Setting Alamiah,” EDUCATIONIST Vol. III No. 1 Januari 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i1.3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats