POLA ASUH ORANG TUA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN YANG BERPERILAKU AGRESIF DI SLB LELEANI 1 KOTA AMBON

Agustina N De Fretes

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu ; mengetahui pola asuh orang tua terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang berusaha menggambarkan situasi subjek sebagaimana adanya perilaku agresif anak tunagrahita ringan yakni MY dan RN yang dikenal selama ini mengalami hambatan dalam bersosialisasi dengan teman sebaya di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat. Fakta yang terjadi menunjukkan bahwa anak secara fisik dan apakah itu melalui wawancara mendalam baik terhadap responden maupun informan, pengamatan langsung di lapangan dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian ini berjumlah 2 (dua) orang tua siswa dan 2 (dua) siswa tunagrahita ringan yang berperilaku agresif di SLB Leleani 1 Kota Ambon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua siswa tunagrahita ringan yang berprilaku agresif di SLB Leleani 1 Kota Ambon, menerapkan pola asuh yang  permissive indulgent parenting (pengasuhan permisif-memanjakan). Hal tersebut dapat dilihat bahwa terdapat kesamaan pola asuh orang tua terhadap siswa tunagrahita (MY dan RN) yang berprilaku agresif. Setiap orang tua memberikan perhatian dan kontrol terhadap anak pada saat berada di rumah. Perhatian yang diberikan orang tua yaitu orang tua sangat tanggap dengan kebutuhan siswa, Orang tua mau menerima keberadaan anak, mau mendengarkan keluhan anak dan memberikan motivasi pada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk menempuh pendidikan dan bersosialisasi di sekolah dan di tengah-tengah masyarakat.

Kata kunci: pola asuh, perilaku agresif

 


Full Text:

PDF

References


Amin, M. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Bandung: Dirjen PT. PPTG.

Baumrind, D. 2004. The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescent, 11(1), 56-95.

Berkowitz, L. 2003. Emosional Behavior. Mengenai Perilaku dan Tindakan Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara Penanggulangannya. Penerjemah: Hartatni Woro Susiatni. Jakarta: CV. Teruna Grafica.

Hallahan & Kouffman. 2009. Exceptional Children Introduction to Special Education (fifth ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Octaria, D. 2007. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI Bandung. Tidak Diterbitakan

Rahmawati, A. 2006. Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Pola Asuh. Repository USU

Santrock, J.W. 2003. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Edisi 5) Jakarta: Erlangga.

Sumampou, A & Setiasih. 2003. Profil Kebutuhan Remaja Tunarungu. Anima Indonesia Psychological Journal. 18, 376-392.

Tremblay. 2000. Intervensi Perilaku Agresif Siswa Melalui Pembelajaran Keterampilan Sosial dan Emosional. http:www.intervensi-perilaku-agresif-siswa-melalui-pembelajaran-keterampilan-sosial-dan-emosi// Tersedia: Diakses pada 12 Februari 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats