PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1). Kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match, maka nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penafsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan maka murid (SPL) berada pada kategori “sangat kurang” sedangkan murid (BRK, SYF, DL) berada pada kategori “kurang”. 2) kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penapsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan maka murid (DL) berada pada kategori “baik” sedangkan murid (BRK, SYF, SPL) berada pada kategori “cukup”. 3) terdapat peningkatan kemampuan membaca kata melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Somba Opu Kabupaten Gowa.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. PT. Rineka Cipta. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Dirjen Dikti Tenaga Guru Depdikbud.
Amin, M. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung: Dirjen PT. PPTG.
Hallahan & Kouffman. 2009. Exceptional Children Introduction to Special Education (fifth ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Kurniasih, I & Sani. 2015. Ragam Pengembangan-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena
Somantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Rafika Aditama
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan. 1994. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats