PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA POSTER MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SKH X

Toni Yudha Pratama

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung melalui penggunaan alat peraga poster murid Tunarungu Kelas Dasar II SLB X. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah melalui alat peraga poster dapat meningkatkan kemampuan berhitung murid tuanrungu kelas dasar II pada SLB X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design, dimana dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan alat peraga poster. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid tunarungu yang berjumlah 3 (tiga) orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dilakukan terhadap nilai yang diperoleh murid sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II SLB X meningkat dari tes awal ke tes akhir. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berhitung sebelum menggunakan alat peraga poster berada dalam kategori kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berhitung setelah menggunakan alat peraga poster menunjukkan adanya peningkatan yaitu berada pada kategori cukup mampu. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II sebelum dengan sesudah menggunakan alat peraga poster. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berhitung bagi murid tunarungu kelas dasar II SLB X.

 

Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Alat Peraga Poster, Tunarungu


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., 1996. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Abimanyu, S & Sulaeman, S,. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Percetakan FIP – UNM

Arief S.Sadiman, dkk., 2008. Media Pendidikan-Pengertian, Pengembangan dan Pemahamannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Depdikbud, 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen PDM

Furchan, A. 1982; Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional

Miarso, Y.H., 1987. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali

Naga, Dali S., 1980. Berhitung, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia

Rahadi, A., 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Diknas, Dirjen PDM

Runtukahu, T., 1996. Pengajaran Matematika bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTG

Ruseffendi, E.T., 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTG

Soemantri, 1996. Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Somad, P & Tati Hernawati, 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud Dikti PPTG

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV.Alfabeta

Suryabrata, S., 1983. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rajawali Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v1i2.3543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats