PENGGUNAAN METODE FAST MATH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN VERTIKAL DI SKH GALUH KINANTI, PANDEGLANG BANTEN

kisno darso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa siswa di SKh Galuh Kinanti, Pandeglang Banten dalam pelajaran matematika, khususnya pada materi perkalian vertikal atau bersusun ke bawah belum mampu menyelesaikan soal dengan benar. Hal ini disebabkan siswa sering mengalami kekeliruan dalam menempatkan nilai tempat bilangan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya upaya perbaikan atau metode dalam meningkatkan kemampuan mengerjakan perkalian vertikal. Karena itu peneliti ingin mengadakan penelitian tentang “Penggunaan metode fast math dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian vertikal.” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode fast math. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas  6 SDLB  SKh Galuh Kinanti, Pandeglang Banten, yang memiliki kemampuan masih kurang dalam pengerjaan operasi hitung perkalian vertikal bilangan puluhan dengan puluhan. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Secara garis besar prosedur  penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapan yang  dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan  adalah hasil prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan tes tertulis dan hasil observasi terhadap guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan pada siklus ke satu nilai rata-rata 45,7 dan siklus ke dua nilai rata-rata 72,5. Dari data tersebut telah menunjukan adanya peningkatkan hasil belajar matematika dalam operasi hitung perkalian vertikal dengan menggunakan metode fast math. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fast math dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian vertikal di kelas 6 SDLB. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan tes hasil belajar pada tiap siklus. Dalam pembelajaran matemetika dapat menerapkan atau menggunakan metode fast math sebagai alternatif dalam menyajikan materi khususnya pada materi perkalian vertikal puluhan dengan puluhan. Kajian lebih lanjut kepada peneliti selanjutnya dalam penelitiannya dapat  menggunakan  metode fast math pada operasi hitung perkalian vertikal antara bilangan ratusan dengan puluhan atau bilangan ratusan dengan ratusan.

 



Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta.Rieneka Cipta.

Arikunto, S. Suharjono, Supandi, (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SDLB Tunarungu (B), Jakarta, Direktorat PLB

Djaja Negara, O. (2008). Hitungan Modern. Bandung. Komunitas Seni Hitung Modern.

Goesnawan, S. I. (2009). Mari Sempurnakan Cara Berhitung tradisional. [Online]. http://lipsus.kompas.com/edukasi/read/2009/08/31/10193991 /Mari.Sempurnakan.Cara.Berhitung.Tradisional. [4 Juli 2011]

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Poerwadarminta (1998). Lembaga Pendidikan Anak Tunarungu, [Online]. Tersedia: digilib.petra.ac.id/.../jiunk pe-ns-sl-2007-22403087_lembaga tunarungu-chapterl.pdf. [2 November 2011

Sidiq, Z, (2010). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Makalah pada Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas Guru PLB, Bandung.

Somad, P dan Hernawati, Y. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Depdikbud.Bandung.

Somad, P dan Tarsidi, D. Definisi dan Klasifikasi Tunarungu, [Online]. Tersedia: permanarian 16. Blog spot.com/…/definisi-dan klasifikasi tunarungu.html. [ 2 November 2011]

Sutjihati Somantri, T (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung. PT.Refika Adi Tama.

Sudjana S, D, (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah Production.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats