PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA TUBUH PADA ANAK TUNANETRA DALAM BERKOMUNIKASI

de den

Abstract


Penelitian ini menghasilkan sebuah teknik pembelajaran untuk membantu anak tunanetra mengembangkan keterampilan berbahasa tubuhnya. Dalam penelitian ini dilakukan terhadap dua orang siswa yang ada di kelas peneliti,  Peneliti mengembangkan strategi berkomunikasi terhadap subyek penelitian dengan menambahkan Bahasa tubuh dalam berkomunikasi dilakukan dengan teknik percakapan (simulasi).Hasil penelitian menunjukkan  dengan strategi yang dikembangkan, Keterampilan berbahasa tubuh pada anak tunanetra dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang lebih baik.

 

          Kata kunci: Berbahasa Tubuh, Berkomunikasi, Teknik Pembelajara

 

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1989, Manajemen Penelitian, Jakarta : Dirjen Dikti, Depdikbud.

Dep Dik Nas, 2000, Sistim Braille Indonesia Bidang Bahasa Indonesia, Jakarta : Dep Dik Nas.

Direktorat PLB, 2004 Informasi Pelayanan Pendidikan Bagi anak Tuna Netra Jakarta: Dep Dik Nas.

Hadi, Purwoko 2007, Komunikasi Aktif Bagi Tunenetra : Jakarta, Depdiknas.

Harsono, Frans 1984, Ortodidaktit Anak Tunanetra, Jakarta : Percetakan Negara RI. http//www.immimandala. blogspot.com http://www.groups.com

Hildayani, Rini 2006, Penanganan Anak Berkelainan, Jakarta:

Saebani, Beni Ahmad. 2007, Metode Penelitian, Bandung, Pustaka Setia.

Sukarno, Anton . 2002. Pengantar Statistik, Surakarta : UNS Press.

Supartinah MS, Tien. 1995, Psikologi Anak Luar Biasa, Surakarta : UNS Press.

, 2008, Penilaian Pendidikan Berbasis Kompetensi, Surakarta: UNS Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats