UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL TES TERTULIS MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DI SKH ADITIYA SILIH ASIH KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2016

sutar yono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru SKh Aditiya Silih Asih dalam menyusun soal tes tertulis bentuk pilihan ganda, menjodohkan dan isian, serta langkah-langkah yang tepat dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal tes tertulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitia tindakan sekolah, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal tes tertulis yang ditandai dengan bertambahnya jumlah soal dengan kategori baik menjadi 737 butir soal pada siklus II dari sebelumnya 484 butir soal atau terjadi peningkatan 32%. Penelitian juga menemukan bahwa jumlah soal dengan kategori harus diperbaiki menurun 6,6% dari 216 butir soal menjadi 29 butir soal. Selain itu kategori soal yang harus diganti juga berkurang 8,5% dari 80 butir soal menjadi 14 butir soal.

 

Keyword : Kemampuan guru, Soal tes tertulis, Supervisi akademik


 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Depertemen Pendidikan Nasional (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional (2008). Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta : Depdiknas

Arikunto, Suharsimi (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Holidi, Dudung dkk (2011). Panduan Profesi Guru Dalam Pembelajaran. Tangerang : CV. Cahaya Sarana

Mulyasa (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Rusyan, Tabrani dan Burhanuddin (2012). Profesionalisme Kepala Sekolah. Jakarta : PT Pustaka Dinamika

Safari (2008). Analisis Butir Soal : Dengan Manual, Kalkulator Dan Komputer. Jakarta : Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Depdiknas.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, NS. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya & PPS UPI

Suyadi (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta : Penerbit Andi

Tim Puspendik (2008). Tes Tertulis. Jakarta :Puspendik Balitbang Depdiknas

Wiriatmadja, Rochiati (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung : PPS UPI & Remadja Rosdakarya

---------(2006). Undang-Undang No. 15 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-Undang No. 20 tahun 203 tentang Sistem Pendidikan nasional Bandung : Permana




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v2i2.3566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats