Penerapan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Anak Cerebral Palsy di SKh Al-Khairiyah Cilegon
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy melalui media permainan monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan melalui grafik garis. Subjek dalam penelitian ini terfokus pada seorang anak cerebal palsy kelas VIII SMPLB dengan inisial FZ. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data pada ketiga target behavior. Hasil yang didapat dari target behavior 1 (menjangkau benda) pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukanya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 87,5% dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 78,25%. Untuk target behavior 2 (memegang) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 43,75% setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 82%, dan setelah diberikan intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 71,85%. Lalu untuk target behavior 3 (menggerakan pergelangan tangan) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 92%, dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 81,25%. Dengan demikian maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdurrahmat, Fathoni. (2016). Metodelogi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assjari, M (1995). Ortopedagogik Anak Tunadaksa. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirgen Pendidikan Timggi.
Cahyo, Agus N. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: FlashBooks.
Darmawanti, Ira dan M. Jannah. 2004. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Reaksi Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: Insight Indonesia.
Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.
Effendi, Mohammad. (2008). Pengantar Pedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Firdaus dan Zamzam, Fakhry. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish
Geralis, Elaine. (1998). Children with Cerebral Palsy: A Parent’s Guide. United State of America: Woodbine House, Inc.
Igak, Wardani. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kartini Kartono. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Thobroni dan Fairul (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan. Jogjakarta: KATAHATI
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta : Rineka cipta
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak (Penerjemah: Mila Rahmawati dan Ana Kuswanti). Jakarta: Erlangga.
Saputra dan Rudyanto. 2005. “Pengertian Motorik Halus Anak”. Bandung: Bumi Aksara.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sunanto, J et al. (2006). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press
Sumantri. (2005). Model Perkembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito
Trianto. (2010).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widati, S dan Asep K. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media
Yudha M. Saputra dan Rudiyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Fransiska, dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Playdough Pada Anak Kelompok Bermain di PAUD Tegaljaya. Bali: Jurnal Jepun. Vol.1 No.1
Gabriela, Merisya. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Papan Alur Pada Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik. Padang: E-Jupekhu. Vol.3 No.3
Qian, L et al. (2015). The Effect of Inhibitory Control Training for Preschoolers on Reasoning Abillity and Neural Activity. Scientific Reports. Doi 10.1038/srep14200
Insana. R. (2011). Pengembangan Motorik Halus dalam Rangka Persiapan Menulis Melalui Permainan Raba Rasa (tactile play. Skripsi PLB FIP UPI: Tidak diterbitkan
Novita, Grace. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kirigami Pada Siswa Cerebral Palsy Tipe Spastik di SLB Rela Bhakti Gamping.
Trinovitasari, Ajeng. (2015). Penggunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu PengetahuanSosial Siswa Sekolah Menengah Pertama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i2.5311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats