Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Tari Kreasi Nyi Pohaci Sanghyang Sri (Penelitian Tindakan Anak Tunarungu Kelas X SMALB Di SKh Negeri 02 Lebak)
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak tunarungu khususnya dalam aspek koordinasi tubuh, kelincahan, keseimbangan dan kekuatan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru tari. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas X SMALB di SKh Negeri 02 Lebak yang berjumlah 4 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua silus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan/tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari kreasi Nyi Pohaci Sanghyang Sri dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian. Pada pra siklus 46.87%, siklus I meningkat menjadi 61.45% dan siklus II menjadi 82.29%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
________________. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
________________. 2011. Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Aditya Media.
Azmi, Aulia. 2014. Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunarungu Di SLB B Karnnamanohara Sleman. Skripsi Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Busono, Mardiati. 1983. Pendidikan Anak Tuanrungu. Yogyakarta: Diktat Kuliah
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dewi, Resi Septiana. 2012. Keanekaragaman Seni Tari Nusantara. Jakarta: Balai Pustaka.
Efendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Firdaus dan Zamzam, Fakhry. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Hallahan, D.P dan Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction To Special Education 10th ed. USA: Pearson.
Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak jilid 1. (Terjemahan: dr. Med. Meitasari Tjandrasa dan Dra. Muchlihah Zarkasih). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kartowagiran, Badrun. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Tindakan. [online] Diunduh melalui http://staff.uny.ac.id.
Khasanah, Imroatun. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk Pada Kelompok B di TK Melati II Glagah. Skripsi Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Khutniah, Nainul dan Iryanti, Veronica Eny. Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati Di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. [online] Tersedia 1804-Article Text-3611-1-10-20130818.pdf. Diakses tanggal 20 Agustus 2018.
Majidah, Khotimatul dkk. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Pada Kelompok B Di Ra Al-Iklas Medan. [online] Tersedia: 284-977-1-PB.pdf. Diakes tanggal 20 Agustus 2018.
Merdekawaty, Sri Rejeki. 2010. Tari Kreasi Baru Nusantara. Bogor: Horizon.
Michelaki, Eleni. 2011. The Development of Bodily - Kinesthetic Intelligence through Creative Dance for Preschool Students. [online] Tersedia: 9483-36846-1-PB.pdf. Diakses tanggal 20 Agustus 2018.
Murtie, Afin. 2016. Ensiklopedi Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.
Mutohir, Toho Cholik dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Depdiknas.
Natawidjaja, Rochman. 1997. Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Depdikbud – IKIP Bandung.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo
Sadja’ah, Edja. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran Dalam Keluarga. Bandung: San Grafika Bandung.
Soedarsono. 2012. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamti, Emdang Rini. 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY.
Sukardi, H.M. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supriatna, Atang dan Sastra Negara, Rama. 2010. Pendidikan Seni Tari Untuk SMP/MTs. Jakarta: CV Ricardo
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito
Syamsiah, Siti. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball (Permainan Bola) Pada Anak Kelompok Bermain Masjid Syuhada. Skripsi Tidak Di Terbitkan. Fakultasi Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
Yoni, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Yuningsih, Restu. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang (Penelitian Tindakan Kelompok B1 di TK Negeri 01 Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2015) [online] tersedia: 117401-ID-peningkatan-kecerdasan-kinestetik-melalu.pdf. Diakses tanggal 10 Maret 2018.
Yusuf, Muri A. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i2.5312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats