PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII SMPLB DI SKh. DHARMAWATI ARIEF KOTA TANGERANG

Muksaromah Muksaromah

Abstract


Pengenalan kerangka tubuh dan fungsinya merupakan hal yang penting diberikan kepada anak tunagrahita ringan, karena merupakan bagian terdekat pada diri anak dan salah satu langkah awal untuk mengenal dirinya sendiri. Bagi anak tunagrahita kemampuan untuk mendeskripsikan struktur kerangka manusia dan fungsinya tidak semudah bagi anak normal. Oleh karena itu perlu bimbingan dan pengajaran khusus supaya target pembelajaran tercapai sehingga perlu kiranya melakukan inovasi pada proses pembelajaran sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran ini dapat tercapai. Dalam rangka untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa tunagrahita, guru menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek yang diteliti sebanyak 8 siswa tunagrahita kelas VII SMPLB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes pengetahuan tertulis dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dikategorikan sangat aktif. Hasil analisis rata–rata aktivitas siswa menunjukkan peningkatan  yakni pada siklus I sebesar 55,75% naik menjadi 77,625% pada siklus II. Demikian pula dengan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklus, yakni dari 47,50 pada pra siklus naik menjadi 65 pada siklus I dan terus meningkat menjadi 84 pada siklus II. Adapun ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yakni dari 8 orang siswa yang mengikuti tes hanya 2 orang (25%) pada pra siklus yang tuntas kemudian naik menjadi 5 orang (62,50%) dan terus naik pada siklus II menjadi 8 orang (100%) yang tuntas hasil belajarnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan struktur kerangka manusia dan fungsinya pada siswa tunagrahita kelas VII SMPLB di SKh. Dharmawati Arief Kab. Tangerang.


Keywords


Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teknik Mind Mapping, Siswa Tunagrahita

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depdiknas. (2008). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dimyanti danMudjiono. (1999).Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta ; Rineka Cipta

Meutia, S. (2008). Quantum Learning: membiasakan Belajar Nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa

Slamento. (2003). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sunardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember: FKIP Universitas Jember

Sunardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember: FKIP Universitas Jember

Sutrisno, Ldkk. (2007) .Pengembangan Pembelajaran Ipa Sd. Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v3i3.6372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats