PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK TUNANETRA LOW VISION KELAS X DI SKH AL-KHAIRIYAH KOTA CILEGON

Alfisyahri Alfisyahri, Yuni Tanjung Utami, Abdul Mukti, Winda Amelia, Muntazir Muntazir, Lianah Lianah

Abstract


Abstrak
Psikomotorik tidak terlepas dari aktivitias fisik yang dilakukan manusia pada umumnya, hal ini juga sangat di butuhkan kepada peserta didik tunanetra dalam melakukan proses pembelajaran, psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu psikomotorik kasar dan halus yang masing – masing memiliki peran yang sangat penting bagi peserta didik tunanetra. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ‘’ untuk meningkatkan psikomotorik pada anak tunanetra kelas X di SKh Al-Khairiyah’’. Dengan meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik tunanetra akan sangat mendukung terhadap kelancaran proses belajar khususnya memahami bentuk dalam pembelajaran geometri bangun datar. Dari hasil pengamatan menunjukkan masih terlihat kesulitan dalam persepsi dan psikomotorik peserta didik sehingga berdampak pada hal yang lain. oleh karena itu guru sering kali turun tangan untuk membantu peserta didik di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SKh AL – Khairiyah Cilegon. Pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan media ini adalah asessment, obseravasi dan wawancara dengan menggunakan teknik kualitatif. Media pembelajaran ini di harapkan dapat membantu banyak pihak dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Psikomotorik, Proses Pembelajaran, Geomentri Bangun Datar, Tunanetra

Keywords


Psikomotorik, Proses Pembelajaran, Geomentri Bangun Datar, Tunanetra

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic And Statistical Manual ofMental Disorder Edition “DSM-5”.Washinton DC: American PsychiatricPublishing. Washinton DC.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

____.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

.2010.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, Sadiman, dkk. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

_____.2011. Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Burhan, Nurgiyantoro. 2005. Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Delphi, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.

Dian Noura Angela. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Pepen. Skripsi. PGSD UNY.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusbit-Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Munadi, Yudhi. 2010. Media pembelajaran “sebuah pendekatan baru”. Jakarta: Gaung persada press.

Nurarifah Ulfah. 2009. pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Anak Tunanetra Low Vision Ringan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skirpsi. PLB UPI.

Parsons. 2005. Pengantar Teori. Jakarta: PT Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soejono. 2006. Suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sudjana & Riva’i. 2001. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

____. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan r&Statistik Untuk Analisis Data Penelitian d. Bandung: Alfabeta.

_.2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

.2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, dkk. 2005. Pengantar penelitian. Jepang: University of Tsukuba.

Sunar, Dwi. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis tes untuk penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.

_________. 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Usman Husaini & Purnomo. 2008. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Wantah J Maria. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Usia Dini. Jakarta: Department Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i2.8145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats