MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH KHUSUS NEGERI 03 KABUPATEN LEBAK

Maryadi Maryadi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun administrasi pembelajaran melalui supervisi akademik di sekolah khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dari hasil tes penelitian yang menetapkan setting dua pertemuan (siklus), pada masing-masing pertemuan (siklus) dilaksanakan empat tahapan yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) eavaluasi, dan (4) refleksi. Tempat penelitian di SKh Negeri 03 Lebak, dari dua jenis kegiatan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu penyusunan dan pelaksanaan administrasi pembelajaran khususnya silabus dan RPP untuk anak berkebutuhan khusus di SKh Negeri 03 Lebak tahun pelajaran 2017/2018 melalui supervisi akademik ternyata setelah dilakukan dua kali pertemuan (siklus) hasilnya menunjukkan perubahan secara signifikan. Dari hasil pengamatan dan evaluasi yang dilakukan tentang penyusunan administrasi pembelajaran khususnya silabus dan RPP pada pertemuan (siklus) II ini banyak mengalami perubahan bahkan guru-guru lebih meningkat.


Keywords


Kata Kunci : Administrasi Pembelajaran, Supervisi Akadeik, Pendidikan Khusus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Astati & Mulyati, L. (2010). Pendidikan Guru Berprestasi. Catur Karya Mandiri, Bandung.

Balai Penyelenggaraan Pendidikan Khusus, Dinas Pendidikan Provensi Banten. Pedoman Adminitrasi Sekolah Khusus.

Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, AA, (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran, Bandung. Refika Aditama

Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Pengemangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah.

Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2007). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Bandung

Suharsimi Arikunto, (1993), Prosedur Penelitian, Jakarta. Rimka Cipta

Sutrisno Hadi, (1990), Metodologi Penelitian dan Research, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v4i2.8149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats