Penggunaan media interaktif secil membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan hambatan majemuk

Desty Ariesandy, Dedi Mulya, Toni Yudha

Abstract


Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan mengenai minimnya kemampuan membaca permulaan, kemampuan dalam mengenal semua huruf abjad belum terkuasai, dan belum mampu menggabungkan huruf menjadi suku kata maupun kata pada anak dengan hambatan majemuk. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan hambatan majemuk dengan target behavior, yaitu kemampuan membaca suku kata dan kemampuan membaca kata. Subyek penelitian ini adalah anak dengan hambatan majemuk kelas III SDLB di SKh Negeri 01 Lebak. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A. Data yang diolah disajikan dalam bentuk statistik deskriptif sederhana melalui grafik dan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan subjek dengan menggunakan media interaktif SECIL membaca dengan dibuktikannya perolehan nilai perbandingan mean level pada target behavior kemampuan membaca suku kata, fase baseline- 1 (A1) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 50%, fase intervensi (B) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,8% dan fase baseline- 2 (A2) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78,5%. Kemudian perbandingan mean level pada target behavior kedua, yaitu kemampuan membaca kata antara fase baseline- 1 (A1) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 33%, fase intervensi (B) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,37% dan fase baseline- 2 (A2) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75%.


Keywords


Anak dengan Hambatan Majemuk; Media Interaktif SECIL Membaca; Kemampuan Membaca Permulaan; SSR.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Abadi, Reza Febri. (2013). Pengembangan Media Alternatif And Augmentatif Communication (AAC) Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak Dengan Hambatan Komunikasi. Tesis. UPI

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basori, Muhamad. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 1(2).

Fauzia, Atifah, and Usep Kustiawan. 2018. Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia 3(1): 6–12.

Fauziah, Pupu. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Cerdas Belajar Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan (Studi Eksperimen Dengan Desain Single Subject Research Terhadap Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB C Cinta Asih). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa) 1(1).

Mintorogo, Jessica Michaela, Ahmad Adib, and Ani Wijayanti Suhartono. (2014). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alphabet Berbasis Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia 2-4 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna.

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 33339. https://doi.org/10.1016/j.jcjo.2015.03.008.

Sanjaya, D R H Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Journal of Chemical Information and Modeling.

Sunanto, Juang. (2013). Konsep Dasar Individu Dengan Hambatan Majemuk. Jassi Anakku 12

Sunanto, Juang, Koji Takeuchi, and Hideo Nakata. (2006). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v5i2.9826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats