Penggunaan rangkaian forward-reverse sebagai pengontrol motor 3 fasa

Ade Nurfauziah, Soffan Nurhaji, Hamid Abdillah

Abstract


Motor induksi bekerja menggunakan elektromagnetik dari kumparan stator ke kumparan rotor. Motor induksi 3 fasa memiliki beberapa kelemahan di antaranya adalah tidak dapat mempertahankan kecepatan secara konstan Penelitian ini bertujuan dapat menjelaskan mengenai pengontrolan gerak motor listrik 3 fasa dengan menggunakan PHB (Panel Hubung Bagi) yang menjadikan kerja motor induksi 3 fasa dapat dikontrol dengan baik, walaupun saat motor mengalami masalah, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, Variabel bebas dalam penelitian ini adalah arus listrik dan daya listrik. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah proses Pengaplikasian Rangkaian Forward Reverse dengan daya Star Delta Variable Control dalam penelitian ini adalah rangkaian pengendali delta star dalam Rangkaian Forward Reverse Menggunakan 3 tombol Push button. Motor Induksi 3 fasa dengan Kontrol kendali motor 3 fasa dengan rangkaian Maju Mundur dengan 5 lampu indikator, Pada rangkaian Maju Mundur dapat digunakan dalam banyak industri, pada saat pengontrolan Tombol dua dan tiga tidak dapat ditekan secara bergantian harus menekan tombol 1 terlebih dahulu untuk menormalkan kontaktor Dan dalam rangkaian ini Kontaktor 1(K1) dan Kontaktor 2 (K2) tidak dapat aktif secara bersamaan.Kontrol Maju Mundur merupakan pengontrolan putar motor induksi tiga fasa, yang dimana motor akan berputar dalam dua arah, yang bergerak maju dan bergerak ke arah sebaliknya. Rangkai Maju-mundur yang dirancang dengan penambahan Overload Relay sebagai kontrol mati dan nyala listrik motor.

 


Full Text:

PDF 26-29

References


R. Sumanjaya and E. Susanto, “Perancangan Simulasi Sistem Kontrol Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa dengan Metode Kontrol Skalar,” eProceedings …, 2015.

M. A. Hamid, S. A. Rahman, I. A. Darmawan, M. Fatkhurrokhman, and M. Nurtanto, “Performance efficiency of virtual laboratory based on Unity 3D and Blender during the Covid-19 pandemic,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2111, no. 1, p. 012054, Nov. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2111/1/012054.

S. D. Ramdani, R. A. Z. El Islami, H. Pratiwi, M. Fawaid, H. Abizar, and I. Maulani, “Developing digital teaching material on Basic Electricity based on problem-based learning in vocational education,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 1, pp. 78–91, 2021, doi: 10.21831/jpv.v11i1.38894.

N. A. Handoyono, “Development of Media Trainer Kit Charging System to Improve Effectiveness Automotive Electrical Practices,” VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 4, no. 2. 2019, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=sZxjdW0AAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=sZxjdW0AAAAJ:Se3iqnhoufwC.

D. N. Anwar, S. D. Ramdani, M. Fawaid, H. Abdillah, and M. Nurtanto, “Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Tipe Hawt 3 Propeler Sebagai Media Pembelajaran: Konseptual Konversi Energi,” Steam Eng., vol. 2, no. 2, pp. 65–72, 2021.

I. G. S. Sudaryana, “Pemanfaatan relai tunda waktu dan kontaktor pada panel hubung bagi (phb) untuk praktek penghasutan starting motor star delta,” J. Pendidik. Teknol. dan …, 2015.

R. Sumanjaya, F. T. Elektro, U. Telkom, and K. Skalar, “Perancangan Simulasi Sistem Kontrol Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa Dengan Metode Kontrol Skalar,” eProceedings Eng., vol. 2, no. 3, pp. 1–8, 2015.

M. H. Anjab, S. T. Elektro, F. N. Teknik, and U. N. N. N. Surabaya, “Rancang Bangun Modul Forward Reverse Dengan Pengereman Dinamik Menggunakan PLC Rancang Bangun Modul Forward Reverse Motor 3 Fasa Beserta Pengereman Dinamik Menggunakan PLC ZELIO SR B121FU,” J. Tek. Elektro, vol. 11, no. 1, pp. 63–70, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.