Sistem informasi pemrosesan pinjaman di koperasi jasa lohjinawi karya mandiri
Abstract
Sistem informasi merupakan suatu hal yang penting dan mendasar yang harus dimiliki setiap bidang kegiatan atau sebuah perusahaan ataupun instansi. Koperasi jasa lohjinawi karya mandiri system peminjamannya masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel mulai dari pengajuan pinjaman, pembayaran angsuran sampai penyimpanan data-data yang berkaitan dengan peminjaman sampai dengan pembuatan laporan. Sehingga bendahara mengalami kesulitan dalam merekap data pinjaman. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti melakukan penelitian untuk mengembangkan sistem informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research. Obyek penelitian adalah Koperasi Lohjinawi Karya Mandiri yang berada di Desa Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Metode pengumpulan datanya adalah dengan teknik: (1) wawancara, (2) dokumentasi (3) observasi, (4) studi pustaka. Sedangkan untuk pengembangan sistem informasinya menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah terbangunnya sistem informasi pemrosesan peminjaman koperasi jasa lohjinawi karya mandiri. Sistem ini dapat digunakan untuk memasukkan data petugas, memasukan data anggota, dan memasukkan data pengajuan pinjaman. Kartu peminjam dapat disajikan dalam bentuk file PDF.
Full Text:
PDF 51-54References
Z. Arifin, M. Nurtanto, W. Warju, R. Rabiman, and N. Kholifah, “The tawock conceptual model at content knowledge for professional teaching in vocational education,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 3, pp. 697–703, 2020, doi: 10.11591/ijere.v9i3.20561.
Z. Arifin, M. Nurtanto, A. Priatna, N. Kholifah, and M. Fawaid, “Technology andragogy work content knowledge model as a new framework in vocational education: Revised technology pedagogy content knowledge model,” TEM J., vol. 9, no. 2, pp. 786–791, 2020, doi: 10.18421/TEM92-48.
M. Astuti, Z. Arifin, M. Nurtanto, F. Mutohhari, and W. Warju, “The Maturity Levels of The Digital Technology Competence (DTC) in Vocational Education in Yogyakarta-Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 11, no. 2, 2022, Accessed: Jan. 18, 2022. [Online]. Available: http://ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/22258.
F. Mutohhari, S. Sutiman, M. Nurtanto, N. Kholifah, and A. Samsudin, “Difficulties in Implementing of 21st Century Skills Competence in Vocational Education Learning, Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 4, pp. 1229–1236, Dec. 2021, doi: 10.11591/IJERE.V10I4.22028.
A. H. Siswanto, “Analisis Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Bpr Sumber Artha Waru Agung,” Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN,” 2011.
J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.