Perawatan preventif van-belt pada mesin ultra hight frequency (UHF)

Ahmad Hadi Cahyono

Abstract


Perawatan meruapakan suatu kombinasi dari berbagai tindakan untuk memelihara mesin serta memperbaiki agar menjamin kesiapan operasional yang diperlukan. Tujuan penelitian ialah memahami usia penggunaan van belt yang digunakan untuk transmisi blower pada mesin UHF. Metode yang digunakan selama penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis metode true experimental design. Sampel yang digunakan berupa Van Belt pada mesin UHF. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan diskusi oleh seorang ahli. Data yang diperoleh berupa data kualitatif berdasarkan observasi terhadap sampel kemudian hasil dari observasi sebagai data konkrit. Analisa kerusakan van belt blower pada mesin UHF dapat diketahui setelah van belt terlepas, adapun permasalahan yang terjadi  pada van belt blower  pada mesin UHF adalah Terjadinya retak pada van belt, van belt putus, dan van belt mulur.  Penanganan kerusakan dilakukan setelah kendala pada van belt di ketahui  dan cara mengatasinya Penanganan pada van belt yang mengalami keretakan dapat dilakukan dengan menyemprotkan atau memberikan chemical maintenance belt dressing. Penanganan pada van belt yang mengalami kemuluran dengan cara mengatur posisi motor  blower dengan panjang van beltnya (adjust). Penanganan pada van belt yang putus dapat dilakukan dengan mengganti van belt baru dengan type yang sama putus.

 

Kata Kunci : Van Belt, eksperimen, Mesin UHF


Full Text:

PDF 121-125

References


M. Anggraini and R. Maulana, “Pengaruh Pemeliharaan Mesin Terhadap Kualitas Sepatu Pada Pt. Nikomas Gemilang,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 59–74, 2016, doi: 10.35448/jmb.v9i1.5356.

D. Manesi, “Penerapan Preventive Maintenance untuk Meningkatkan Kinerja Fasilitas Praktik Laboratorium Prodi Pendidikan Teknik Mesin Undana,” J. Teknol., vol. 3, no. 4, pp. 1693–9522, 2015.

H. Setiadi, Y. Priyandari, and S. I. Cahyono, “Implementation of Parking System Based on Radio Frequency Identification ( RFID ) at the Faculty of Engineering Sebelas,” ITSMART J. Ilm. Teknol. dan Inf., vol. 6, no. 1, pp. 39–44, 2017.

Pujitomo d and s kartha R, “Komponen Bearing Bottom Roller Dan V Belt Mesin Ring Frame Ry-5 Pada Departemen Spinning Ii a ( Di Pt Danliris Surakarta ),” Tek. Ind., vol. II, no. 2, pp. 40–48, 2007.

H. Subakti et al., “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Yayasan Kita Menulis, 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qGtIcYUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=qGtIcYUAAAAJ:JQOojiI6XY0C.

A. Ni’mah and P. Dwijananti, “Penerapan model pembelajaran think pair share (tps) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas viii mts. nahdlatul muslimin kudus,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 18–25, 2014.

T. Sarma Sinaga and A. Jabbar MRambe, “Penerapan Preventive Maintenance Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Dengan Mengaplikasikan Grey Fmea Pada Pt. Wxy,” J. Tek. Ind. FT USU, vol. 1, no. 3, pp. 53–59, 2013.

D. C. Adhitya, D. Rahmalina, I. Ismail, M. Nurtanto, and H. Abdillah, “Thermal Enhancement for Paraffinic Thermal Energy Storage by Adding Volcanic Ash,” VANOS J. Mech. Eng. Educ., vol. 6, no. 1, 2021.

M. Nurtanto, “Motor Diesel Berbahan Bakar Campuran Minyak Solar dengan Minyak Kemiri dan Minyak Wijen,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, vol. 7, no. 2. pp. 71–78, 2019, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qGtIcYUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=qGtIcYUAAAAJ:4OULZ7Gr8RgC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.