Pengembangan manajemen kurikulum di era digital dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah

Sanam Sanam, Rika Veronika, Sahrul Prassetiawan, Atep Iman

Abstract


Saat ini kita sedang berada diera digital, yang telah memberikan pengaruh yang luas pada hampir semua aspek kehidupan. Bahkan dalam bidang pendidikan, penyesuaian atau pergeseran, bahkan perubahan yang mendasar sudah terasa. Saat ini, sekolah berada di era pengetahuan dengan percepatan luar biasa untuk memperluas pengetahuan. Diera digital ini sekolah berperan penting dalam pengembangan manajemen kurikulum yang dapat beimplikasi langsung terhadap mutu pendidikan sekolah, agar peserta didik mampu beradaptasi dan mampu bersaing di era digitalisasi ini. Pada penelitian ini, kami selaku penulis menggunakan pendekatan secara systematic review karena tulisan ini dibuat berlandaskan kepada referensi artikel yang telah dipublikasi yang kredibel. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pengembangan manajemen kuriulum  di era digital meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Hasil perolehan dari penelitian artikel ilmiah ini manajemn kurikulum harus bersifat fleksibel dalam penerapannya sehingga muatan tersebut mampu disesuaikan dengan kebutuhan atau perkembangan zaman, serta hal yang mempengaruhi kualitas mutu pendidikan ialah profesionalitas guru dan kurikulumnya.

Full Text:

PDF 1-4

References


F. Mutohhari, S. Sutiman, M. Nurtanto, N. Kholifah, and A. Samsudin, “Difficulties in Implementing of 21st Century Skills Competence in Vocational Education Learning, Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 4, pp. 1229–1236, Dec. 2021, doi: 10.11591/IJERE.V10I4.22028.

M. Astuti, Z. Arifin, M. Nurtanto, F. Mutohhari, and W. Warju, “The maturity levels of the digital technology competence in vocational education,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 11, no. 2, pp. 596–603, 2022.

Arnentis, “Analisis Keterampilan Abad ke-21 (21st CenturySkills) Mahasiswa pada Perkuliahan Teknik dan manajemen Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau,” Pros. Semnas Pendidik. Biol., vol. 2, no. 1, pp. 801–812, 2018.

H. A. R. Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional, cet-4. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

S. Suwandi, “Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21,” Semin. Nas. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356.

B. Kitchenham and S. Charters, “Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering,” 2007.

M. Nurtanto, N. Kholifah, E. Ahdhianto, A. Samsudin, and F. D. Isnantyo, “A Review of Gamification Impact on Student Behavioral and Learning Outcomes,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 21, pp. 22–36, Nov. 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i21.24381.

A. Marriner, “Management of organizational behavior: Utilizing human resources,” Nurse Educator, vol. 3, no. 6. Prentice-hall inc, New Jersey, p. 27, 1978, doi: 10.1097/00006223-197811000-00009.

W. B. Sulfemi, “Manajemen Kurikulum Di Sekolah,” Modul, p. 3, 2019.

A. B. Johan, S. PH, and Widodo, “Evaluation of Education Implementation of Link and Match Systems of the Industrial and Vocational School in Yogyakarta Province,” J. Taman Vokasi, vol. 7, no. 2, pp. 216–222, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/7070.

Haudi, Manajemen Kurikulum, no. May. Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2019.

D. Muhaimin, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

A. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto and U. N. & Malang, “Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(26),” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 26, pp. 263–278, 2016.

N. W. A. Majid, S. Fuada, M. K. Fajri, M. Nurtanto, and R. Akbar, “Progress report of cyber society v1.0 development as a learning media for Indonesian society to support EFA,” Int. J. Eng. Pedagog., vol. 10, no. 4, pp. 133–145, 2020, doi: 10.3991/ijep.v10i4.13085.

M. A. Ramadhan and S. D. Ramdani, “Vocational education perspective on curriculum 2013 and its role in Indonesia economic development,” Retrieved July, vol. 12. p. 2016, 2015, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=aR60yzEAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=aR60yzEAAAAJ:5nxA0vEk-isC.

R. Rabiman, P. Sudira, H. Sofyan, and M. Nurtanto, “Practical Learning Media in Subject Maintenance of Chassis and Power (MCP) Based Online: Simple Learning Using Videos on YouTube,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, pp. 130–145, 2021, doi: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i03.14943.

A. Y. Nuryantini, W. Handayani, E. K. Yuningsih, and ..., “Tinjauan kurikulum dan model pembelajaran di era digital,” E-Book/E-Journal …, 2020.

T. R. Sista, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Educ. J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.21111/educan.v1i1.1288.

A. T. Kuntoro, “Manajemen Mutu Pendidikan Islam,” J. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 84–97, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i1.2928.

A. T. Kuntoro, “Manajemen Mutu Pendidikan Islam,” J. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 84–97, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i1.2928.

D. T. Agustine, T. Gunarto, and S. D. Ramdani, “Strategi Pembinaan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMK,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, vol. 2, no. 1. p. 612, 2019, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=aR60yzEAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=aR60yzEAAAAJ:Wp0gIr-vW9MC.

N. Kholifah, H. Sofyan, P. Pardjono, P. Sudira, and M. Nurtanto, “Explicating the Experience of Beginner Vocational Teachers,” TEM J., vol. 10, no. 2, pp. 719–723, 2021, doi: 10.18421/TEM102-28.

M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” Pros. Semin. Nas. Inov. Pendidik. Inov. Pembelajaran Berbas. Karakter dalam Menghadapi Masy. Ekon. ASEAN, no. 10, pp. 553–565, 2016, [Online]. Available: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.