Kecenderungan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam penggunaan smartphone di Provinsi Banten

Siti Irna Solehah, Sulaeman Deni Ramdani

Abstract


Smartphone adalah sebuah media baru dalam proses komunikasi. Smartphone tidak lagi digunakan hanya untuk media komunikasi tetapi untuk dijadikan media hiburan, penyimpanan data, aplikasi, mencari informasi petunjuk arah dan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji tren/kecenderungan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penggunaan smartphone. Penelitian ini melibatkan satu variabel independen yaitu intensitas penggunaan smartphone. Data primer dikumpulkan melalui metode kuantitatif deskriptif terhadap 35 responden yang berasal siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari pengguna smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata penggunaan smartphone diketahui bahwa penggunaan smartphone lebih sering digunakan untuk komunikasi (85%) kemudian untuk aktifitas belajar (81%) lalu untuk mencari informasi dan aplikasi (79%) setelah itu untuk penyimpanan data (75%) untuk petunjuk arah (73%) dan terakhir untuk hiburan (65%).  (2) Hasil analisis distribusi frekuensi penggunaan smartphone pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jumlah skor interval 68-74 memiliki nilai frekuensi tertinggi yaitu sebanyak 13 (37%) kemudian jumlah skor interval 61-67 dan 82-88 masing-masing memiliki frekuensi sebanyak 7 (20%) lalu jumlah skor interval 75-81 memiliki nilai frekuensi sebanyak 5 (14%) selanjutnya jumlah  skor interval 54-60 memiliki nilai frekuensi sebanyak 2 (6%) dan terakhir jumlah skor interval 47-53 memiliki nilai frekuensi sebanyak 1 (3%). (3) Hasil analisis distribusi kecenderungan skor penggunaan smartphone pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagian besar berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 22 orang siswa (63%) kemudian disusul oleh kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 12 orang (34%) dan yang terakhir kategori rendah yaitu sebanyak 1 orang (3%). Sehingga tren/kecenderungan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penggunaan smartphone di Provinsi Banten berada di tingkatan tinggi.

Full Text:

PDF 19-25

References


A. Hudaya, “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik,” Res. Dev. J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 86–97, 2018, doi: 10.30998/rdje.v4i2.3380.

S. Suyitno, M. E. Anitasari, R. Rakha, Y. Bin Kamin, and M. Nurtanto, “The Application of The Teams Assisted Individualization (TAI) Learning Model to Improve Learning Outcome of The Starter Motor Electrical System in VHS,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 28, no. 1, pp. 32–46, 2022, doi: doi.org/10.21831/jptk.v28i1.48780.

M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” Pros. Semin. Nas. Inov. Pendidik. Inov. Pembelajaran Berbas. Karakter dalam Menghadapi Masy. Ekon. ASEAN, no. 10, pp. 553–565, 2016, [Online]. Available: http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535.

D. G. Arfianto, “Pengaruh Penggunaan Hand Phone sebagai Media Pembelajaran pada Materi Keikhlasan Beribadah dalam Al-Quran Surah Al-Bayyinah Ayat 5 terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK,” p. 107, 2017.

A. S. H. Basri, “A. Said Hasan Basri,” vol. 14, no. 2, 2017.

T. Mulyati and F. Nuh, “Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Mardisiswa Semarang,” Empati, vol. 7, no. 4, pp. 152–161, 2019.

E. a. Taopan et al., “Dampak Penggunaan Gadget Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon 2015 M / 1436 H,” J. Anal. Sosiol., vol. 3, no. 1, p. 227620, 2020.

R. Rabiman, M. Nurtanto, and N. Kholifah, “Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 1, pp. 1059–1063, 2020.

S. Fatimah, “Penggunaan Gawai dan Dampaknya terhadap Penyimpangan Perilaku Siswa (Studi Kasus pada Siswa MI di Kota Salatiga),” 2020.

Haryanto, W. M. Kusuma, F. Mutohhari, M. Nurtanto, and S. Suyitno, “Innovation Media Learning: Online Project-Based Learning (O-PBL) on Drawing Competence in Automotive Engineering Using Video on YouTube,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2111, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2111/1/012020.

R. Pratama, S. Nurhaji, and A. Iman, “Pengembangan Media Video Tutorial Mastercam X5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Mata Pelajaran Nc/Cnc & Cam Dengan Aplikasi Mastercam X5 Di SMK NEGERI 1 CILEGON,” J. Taman Vokasi, vol. 9, no. 2, 2021.

W. Warju, S. R. Ariyanto, S. Soeryanto, R. S. Hidayatullah, and M. Nurtanto, “Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education,” Journal of Educational Science and Technology (EST), vol. 6, no. 1. pp. 79–91, 2020.

R. Rabiman, P. Sudira, H. Sofyan, and M. Nurtanto, “Practical Learning Media in Subject Maintenance of Chassis and Power (MCP) Based Online: Simple Learning Using Videos on YouTube,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, pp. 130–145, 2021, doi: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i03.14943.

J. A. Nasution, N. Neviyarni, and A. Alizamar, “Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya,” JPPI (Jurnal Penelit. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 2, p. 15, 2017, doi: 10.29210/02017114.

K. Kesehatan, “No TitleΕΛΕΝΗ,” Αγαη, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

R. J. Simahate, “Dampak Remaja Pengguna Smartphone Terhadap Perilaku Beribadah (Studi di Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah),” 2018.

M. Nurtanto, P. Sudira, H. Sofyan, N. Kholifah, and T. Triyanto, “Professional Identity of Vocational Teachers in the 21 st Century in Indonesia,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 35, no. 3, pp. 30–36, 2022.

M. Nurtanto, N. Kholifah, A. Masek, P. Sudira, and A. Samsudin, “Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 345–354, 2021, doi: 10.11591/ijere.v10i1.20604.

S. Verayanti, “Penggunaan Handphone Dalam Berkarya Poster Berbasis Fotografis Bagi Siswa Smk,” J. Imajin., vol. 13, no. 2, pp. 16–26, 2019.

N. C. Alhady, A. F. Salsabila, and N. N. Azizah, “Penggunaan Smartphone pada Konstruksi Belajar Siswa MTs Negeri 7 Model Jakarta,” Al-Izzah J. Hasil-Hasil Penelit., vol. 13, no. 2, p. 240, 2018, doi: 10.31332/ai.v13i2.975.

C. Septyawan, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa Kelas IX SMPN 3 SUNGGUMINASA Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi ( S . I . Kom ) Jurusan Ilmu Komunikasi pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN A,” pp. 1–107, 2019.

D. M. Tam, “Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya,” vol. 4, no. 2, pp. 163–173, 2017.

E. Sandrawita, J. Pendidikan, A. Islam, F. Tarbiyah, and D. A. N. Ilmu, “Dampak negatif penggunaan gadget (handphone) dalam pengelolaan waktu belajar anak usia smp di rt 01 kelurahan pelabuhan baru,” 2019.

S. Purnomo, E. Djufri, and A. Khaharsyah, “Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin,” J. Taman Vokasi, vol. 8, no. 2, pp. 73–80, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/9053.

Sutopo, B. R. Setiadi, M. Nurtanto, S. Purnomo, N. A. Handoyono, and A. B. Johan, “Enhancing of student involvement and collaboration through think-pair-share model on energy conversion learning,” Int. J. High. Educ., vol. 9, no. 4, pp. 199–205, 2020, doi: 10.5430/ijhe.v9n4p199.

R. Widya, E. Yakub, R. Arlizon, D. I. Sma, and N. Pekanbaru, “Profil Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Handphone Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 12 Pekanbaru,” J. online Mahasiswa, Fak. Illmu Kegur. dan Pendidik., vol. Vol 4, No, pp. 1–7, 2017.

P. Sudira, Tvet Abad XXI : Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY PRESS, 2017.

Maryono dan Istiana, “Pemanfaatan internet dan dampaknya pada pelajar sekolah menengah atas di surabaya,” Libri-Net, vol. 3, no. 1, pp. 407–412, 2007.

M. N. B. R. Setiadi and Setuju, “Installation of Closed Circuit Television to Produce a Quality Assessment Process in Vocational Learning,” Proceedings of International Conference on Issues in Social and Education …. 2018.

A. Fadilah, “‘Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan,’” -, p. 113, 2011.

World Economic Forum (WEF) et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Russ. J. Econ., vol. 48, no. 2, pp. 123–154, 2018.

I. S. Ruziana, Imran, “Analisis penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sman 1 teluk keramat,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 7, pp. 1–8, 2017.

A. Y. Utomo and D. Ratnawati, “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk,” Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 68, 2018, doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2839.

M. Nurtanto, N. Kholifah, E. Ahdhianto, A. Samsudin, and F. D. Isnantyo, “A Review of Gamification Impact on Student Behavioral and Learning Outcomes,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 21, pp. 22–36, Nov. 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i21.24381.

S. K. Anis, A. Masek, M. Nurtanto, and N. Kholifah, “Nominal group technique application towards design of components and elements of non-digital game framework,” Int J Eval & Res Educ, vol. 11, no. 1. pp. 213–223, 2022.

S. D. Ramdani, I. Maulani, and M. Fawaid, “Peran Sarana Pembelajaran Dalam Mendukung Kemampuan Keterampilan Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Serang,” J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, 2019.

R. Rabiman, “Pemilihan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Effektifitas Pembelajaran Mata Diklat Kejuruan Di Smk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan,” Taman Vokasi, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2013, doi: 10.30738/jtvok.v1i1.136.

H. Febnesia, M. Nurtanto, I. Ikhsanudin, and H. Abdillah, “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka,” Res. Dev. J. Educ., vol. 7, no. 2, p. 532, 2021, doi: 10.30998/rdje.v7i2.11265.

M. Muflih, H. Hamzah, and W. A. Puniawan, “Penggunaan Smartphone Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Sma Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta,” Idea Nurs. J., vol. 8, no. 1, pp. 12–18, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.