Pengembangan e-modul teknik pemesinan bubut sebagai media pembelajaran untuk siswa SMK

Saiful Hamdi, Nurcholish Arifin Handoyono, Setuju Setuju

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan serta menguji kelayakan e-modul teknik pemesinan bubut sebagai media pembelajaran praktik bagi siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Selong. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D, dimana model ini terdiri dari 4 tahap yakni pendefiniasian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, serta siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Selong. Adapun objek dari penelitian ini yaitu e-modul Teknik Pemesinan Bubut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan instrumennya ialah berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) Penelitian menghasilkan media pembelajaran yang berbasis e-modul; (2) Tingkat validasi e-modul adalah “layak”, diketahui dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh skor rata-rata 3,0 pada kategori “layak”. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 3,0 pada kategori “layak”. Hasil responden siswa dalam kelompok kecil memperoleh rata-rata skor total 3,56 pada kategori “layak”. Adapun hasil responden siswa dalam kelompok besar memperoleh rata-rata skor total 36,4 pada kategori “layak”.

Full Text:

PDF 35-41

References


K. H. Dewantara, Buku 1 Pendidikan (Pemikian, Konsepsi, Keteladanan dan Sikap Merdeka. Yogyakarta: UST-Press, 2013.

Republik Indonesia, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003,” 2003, doi: 10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.

W. S. Kuswana, Filsafat Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Gunadi, H. Sofyan, M. Nurtanto, Z. Arifin, and P. Sudira, “Vocational Teachers Readiness in Face of the Industrial Revolution 4.0: Vocational Teachers Perceptions in Yogyakarta-Indonesia,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1700, no. 1, p. 012082, Dec. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1700/1/012082.

Z. Arifin, M. Nurtanto, A. Priatna, N. Kholifah, and M. Fawaid, “Technology andragogy work content knowledge model as a new framework in vocational education: Revised technology pedagogy content knowledge model,” TEM J., vol. 9, no. 2, pp. 786–791, 2020, doi: 10.18421/TEM92-48.

Z. Arifin, M. Nurtanto, W. Warju, R. Rabiman, and N. Kholifah, “The tawock conceptual model at content knowledge for professional teaching in vocational education,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 3, pp. 697–703, 2020, doi: 10.11591/ijere.v9i3.20561.

Mendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara, 2006.

M. Nurtanto, Z. Arifin, H. Sofyan, W. Warju, and S. Nurhaji, “Development of model for professional competency assessment (Pca) in vocational education: Study of the engine tune-up injection system assessment scheme,” J. Tech. Educ. Train., vol. 12, no. 2, pp. 34–45, 2020, doi: 10.30880/jtet.2020.12.02.004.

M. Astuti, Z. Arifin, M. Nurtanto, F. Mutohhari, and W. Warju, “The Maturity Levels of The Digital Technology Competence (DTC) in Vocational Education in Yogyakarta-Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 11, no. 2, 2022, Accessed: Jan. 18, 2022.

S. Sulistyanto, F. Mutohhari, A. Kurniawan, and D. Ratnawati, “Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 bagi siswa SMK,” J. Taman Vokasi, vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.30738/jtv.v9i1.7742.

S. D. Ramdani and R. A. Pangestu, “Strategi Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Kejuruan Pemesinan,” J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 7, no. April, pp. 78–88, 2022.

W. N. Ramadhan and S. Setuju, “Pengembangan Bahan Ajar Teknik Pemesinan Frais Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Muhammadiyah Prambanan,” Taman Vokasi, vol. 4, no. 2, p. 229, 2016, doi: 10.30738/jtvok.v4i2.507.

S. D. Ramdani, I. Maulani, and M. Fawaid, “Peran Sarana Pembelajaran Dalam Mendukung Kemampuan Keterampilan Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Serang,” J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, 2019.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel, Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Twin Cities: Leadership Training Institute/Spesial Education, University of Minnesota, 2016.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

M. Nurtanto, H. Sofyan, P. Pardjono, and S. Suyitno, “Development model for competency improvement and national vocational qualification support frames in automotive technology,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 168–176, 2020, doi: 10.11591/ijere.v9i1.20447.

M. Nurtanto, H. Sofyan, and P. Pardjono, “E-learning based autocad 3d interactive multimedia on vocational education (Ve) learning,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 34, no. 4, pp. 97–103, 2021, doi: 10.16920/jeet/2021/v34i4/155014.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., 2019.

N. A. Handoyono and A. Mahmud, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection,” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 20, no. 2. pp. 107–116, 2020.

Nurtanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Servis Sepeda Motor Ditinjau Dari Kriteria Pendidikan, Tampilan Program Dan Kualitas Teknis,” VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 1, no. 1. pp. 43–54, 2016.

M. A. Ma’ruf, R. Rabiman, and A. B. Johan, “Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Common Rail Di SMK N 2 Yogyakarta,” J. Vokasi Dewantara, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2021.

M. W. Pratomo, R. Rabiman, and A. B. Johan, pengembangan modul pembelajarâ€tm sistemâ€tm bahanâ€tm bakar ‘ bensin di smk muhammadiyah 1â€tm bambanglipuroâ€TM BANTUL. 2021.

N. A. Handoyono and S. Hadi, “Pengembangan Modul Pembuatan Bodi Kendaraan Dari Fiberglass Untuk Mendukung Perkuliahan Cat Dan Bodi Kendaraan,” Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 36, 2018, doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2818.

I. S. Purwaka, N. A. Handoyono, and S. Hadi, “Pengembangan E-modul Sistem Rem Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga,” J. Taman Vokasi, vol. 8, no. 2, 2020.

M. Nurtanto, P. Sudira, H. Sofyan, N. Kholifah, and T. Triyanto, “Professional Identity of Vocational Teachers in the 21 st Century in Indonesia,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 35, no. 3, pp. 30–36, 2022.

N. W. A. Majid, S. Fuada, M. K. Fajri, M. Nurtanto, and R. Akbar, “Progress report of cyber society v1.0 development as a learning media for Indonesian society to support EFA,” Int. J. Eng. Pedagog., vol. 10, no. 4, pp. 133–145, 2020, doi: 10.3991/ijep.v10i4.13085.

N. Handoyono, Suparmin, and H. Nugroho, “Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Pada Pembelajaran Sistem REM,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., 2020.

F. A. Sudibyo, S. Hadi, and ..., “Pengembangan E-Modul Sistem Pendingin Mesin untuk Siswa XI TKR SMK Muhammadiyah Gamping,” J. Vokasi …, no. 20, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JVD/article/view/10185.

S. D. Ramdani, R. A. Z. El Islami, H. Pratiwi, M. Fawaid, H. Abizar, and I. Maulani, “Developing digital teaching material on Basic Electricity based on problem-based learning in vocational education,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 1, pp. 78–91, 2021, doi: 10.21831/jpv.v11i1.38894.

M. Hamid, M. Nurtanto, and M. Fawaid, The Analysis of Learning Implementation Plan in Vocational Subjects Based on 2013 Curriculum, vol. 14, no. 1. 2018.

M. Nurtanto, N. Kholifah, A. Masek, P. Sudira, and A. Samsudin, “Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 345–354, 2021, doi: 10.11591/ijere.v10i1.20604.

B. R. Setiadi, S. Subagyo, A. B. Johan, M. Nurtanto, S. Sugiyono, and H. Nurdiyanto, Mobile pocketbook of the 4Cs skills-oriented inform of Quick Response Code. 2019.

N. A. Handoyono, R. Rabiman, P. Pribadi, and S. Purnomo, “Improvement of Learning Motivation and Learning Outcomes by Applying The Problem Based-Learning Method,” Jurnal Taman Vokasi, vol. 7, no. 2. pp. 176–180, 2019.

M. Nurtanto et al., Information media literacy to improve working concept comprehension of ignition system with contact breaker through problem based learning. Icoss. 2019.

N. A. Handoyono, “Development of android-based learning application in EFI materials for vocational schools,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1456, no. 1. p. 12050, 2020.

S. Sutiman, H. Sofyan, S. Soenarto, F. Mutohhari, and M. Nurtanto, “Students’ Career Decision-Making During Online Learning: The Mediating Roles of Self-Efficacy in Vocational Education,” Eur. J. Educ. Res., vol. 11, no. 3, pp. 1669–1682, 2022, doi: 10.12973/eu-jer.11.3.1669.

A. Kavadella et al., “Recommendations for the development of e-modules for the continuing professional development of European dentists,” Eur. J. Dent. Educ., vol. 17, no. SUPPL. 1, 2013, doi: 10.1111/eje.12039.

I. Rahayu and S. Sukardi, “The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School,” J. Educ. Technol., vol. 4, no. 4, 2021, doi: 10.23887/jet.v4i4.29230.

Y. B. Rajabalee and M. I. Santally, “Learner satisfaction, engagement and performances in an online module: Implications for institutional e-learning policy,” Educ. Inf. Technol., vol. 26, no. 3, 2021, doi: 10.1007/s10639-020-10375-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.