Perhitungan EER (energy efficiency ratio) AC (air conditioner) tipe window CWG32HA2

Dony Anggara

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memahami cara kerja pengujian AC Window serta mengetahui perbandingan EER (Energy Efficiency Ratio) AC Window tipe CW-G32HA2 pada pengujian spesifikasi yang dilakukan di uji laboratorium Balai Pengkajian dan Penelitian Teknologi dengan pengujian spesifikasi yang dilakukan oleh produsen. Metode yang digunakan selama penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis metode true experimental design. Sampel yang digunakan berupa AC Window tipe CW-G32HA2 yang telah diuji oleh produsen. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan alat Pshycometric Calorimeter. Pengujian hasil spesifikasi AC Window CW-G32HA2 dilakukan perbandingan antara produsen dengan uji laboratorium Balai Pengkajian dan Penelitian Teknologi. Hasil pengujian oleh produsen dengan 3 indikator perhitungan berupa Capacity, Power Input dan EER sebesar 10.472 dan hasil uji laboratorium Balai Pengkajian dan Penelitian Teknologi sebesar 9.915. Perbedaan hasil ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari alat pengujian yang berbeda serta perhitungan yang tidak sesuai yang digunakan oleh pihak produsen untuk menaikan EER agar bisa mendapatkan piranti bintang yang tinggi.

Full Text:

PDF 42-45

References


L. Tursilowati, “Urban Heat Island Dan Kontribusinya Pada Perubahan Iklim Dan Iklim Dan Hubungannya Dengan Perubahan Lahan,” Pros. Semin. Nas. Pemanasan Glob. dan Perubahan Glob., no. April, pp. 89–96, 2015.

F. Mutohhari, S. Sutiman, M. Nurtanto, N. Kholifah, and A. Samsudin, “Difficulties in Implementing of 21st Century Skills Competence in Vocational Education Learning, Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 4, pp. 1229–1236, Dec. 2021, doi: 10.11591/IJERE.V10I4.22028.

M. Astuti, Z. Arifin, M. Nurtanto, F. Mutohhari, and W. Warju, “The maturity levels of the digital technology competence in vocational education,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 11, no. 2, pp. 596–603, 2022.

J. Publikasi and T. Informatika, “Analisa Trouble Shooting Air Conditioner Nippon Denso Pada Unit Scania P380 Menggunakan Microcontroler,” vol. 1, no. 1, 2022.

Lagiyono, S. Luthfianto, and D. Riyadi, “Pengaruh Udara Masuk Terhadap Suhu Air Conditioner (Ac) Kapasitas 1 Pk Pada Ruang Instalasi Uji,” J. Fak. Tek. Univ. Negeri Semarang, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2018.

U. I. Nurfuadi, “Aj-v,” 2007.

Berman, “Modul PLPG : TeknikTeknik Pendingin,” Jakarta Konsorsium Sertifikasi Guru, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.