Problematika tenaga pendidik dalam pengembangan profesionalitas guru

Atep Iman, Inda Aidatul Azpah, Fahri Aprianto, Sanam Sanam, Bohari Bohari

Abstract


Dalam sistem pendidikan permasalahan muncul baik permasalahan kecil maupun permasalahan besar. Masalah kecil muncul dalam sisitem pendidikan tersebut meliputi kesulitan kurikulum, pendidikan, dan administrasi pendidikan. Sedangkan permasalahan besar ini datang dari sisitem pendidikan secara universal diantaranya masalah pemerataan pendidikan, rendahnya mutu pendidikan, efisiensi pembelajaran, relevansi, dan lain-lain. Sehingga artikel ini membahas tentang problematika terhadap pengembangan keprofesionalisme bagi seorang guru atau tenaga pendidik. Metodenya menggunakan kepustakaan (library research), adapun hasil atau kesimpulan dari artikel ini ialah: Profesionalisme guru merupakan suatu konsep, aliran atau sudut pandang serta kualitas profesional seorang guru dalam kaitannya dengan kaidah-kaidah profesional. Adapun upayanya yaitu melakukan penelitian tindakan kelas, meningkatkan keahlian pendidik melalui penelitian kelas, dan melaksanakan pengembangan profesional berkelanjutan dari pendidik dan pengajar mata pelajaran, menghadiri konferensi penguatan, menghadiri kursus pendidikan motivasi pendidik, program akreditasi,  mengikuti seminar, dan sebagainnya, adalah contoh upaya yang dapat diambil untuk mengatasi tantangan pendidikan.

Full Text:

PDF 55-58

References


K. H. Dewantara, Masalah Kebudayaan. Yogyakarta: Pertjetakan Taman Siswa, 1954.

M. Nurtanto, P. Sudira, H. Sofyan, N. Kholifah, and T. Triyanto, “Professional Identity of Vocational Teachers in the st 21 Century in Indonesia,” Journal of Engineering Education Transformations, vol. 35, no. 3. pp. 30–36, 2022.

R. Y. Kurniawan, “Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk,” Konvensi Nas. Pendidik. Indones. VIII Tahun, no. May, pp. 1415–1420, 2016.

M. Nurtanto, N. Kholifah, A. Masek, P. Sudira, and A. Samsudin, “Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 345–354, 2021, doi: 10.11591/ijere.v10i1.20604.

S. D. Ramdani, “Pengembangan Student Self-Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMK,” VANOS J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 1, 2016.

M. A. Hamid, M. Nurtanto, and M. Fawaid, “The analysis of learning implementation plan in vocational subjects based on 2013 Curriculum,” INVOTEC, vol. 14, no. 1. pp. 17–21, 2018.

M. Nurtanto, Z. Arifin, H. Sofyan, W. Warju, and S. Nurhaji, “Development of model for professional competency assessment (Pca) in vocational education: Study of the engine tune-up injection system assessment scheme,” J. Tech. Educ. Train., vol. 12, no. 2, pp. 34–45, 2020, doi: 10.30880/jtet.2020.12.02.004.

M. Nurtanto, H. Sofyan, P. Pardjono, and S. Suyitno, “Development model for competency improvement and national vocational qualification support frames in automotive technology,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 168–176, 2020, doi: 10.11591/ijere.v9i1.20447.

S. Nawanksari, P. Sudira, and F. Mutohhari, “The Role of LSP P3 Junior Spa Therapist Competency Certification on Work Readiness and Absorption of the Tourism Industry,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 3, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i3.35298.

Z. Ambia and S. D. Ramdani, “Teaching Factory on Improving Student Competency In Banten,” VANOS J. Mech. Eng. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 153–164, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/2928/2277.

Perkemendikbud, “No.87 Tahun 2013 TENTANG PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU.” Indonesia, 2013.

R. R. Pangestika and F. Alfarisa, “Pendidikan Profesi Guru (Ppg): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia Ratna Rosita Pangestika {&} Fitri Alfarisa,” no. 1995, pp. 671–683, 2015.

U. Sulaiman, Profesionalisme Guru. repositori.uin-alauddin.ac.id, 2013.

J. Helmi, “Kompetensi Profesionalisme Guru,” AL-ISHLAH J. Pendidik., 2015.

M. Muhlison, “GURU PROFESIONAL (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam),” Darul Ilmi J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., 2014.

N. Illahi, “Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial,” J. Asy-Syukriyyah, 2020.

N. Ramadhan, Tugas, peran kompetensi dan tanggungjawab menjadi guru profesional. digilib.unimed.ac.id, 2017.

Permendiknas, “Peraturan mentri pendidikan nasional No. 16 tahun 2007 tentang kompetensi profesional guru.” 2007.

R. Nurqomah, Kompetensi Profesionalisme Guru. osf.io, 2021.

M. Nurtanto, “Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu,” Pros. Semin. Nas. Inov. Pendidik. Inov. Pembelajaran Berbas. Karakter dalam Menghadapi Masy. Ekon. ASEAN, no. 10, pp. 553–565, 2016.

D. Ru’ung, “Penguatan Tenaga Pendidik: Upaya Meminimalisir Problematika Pendidikan Nasional,” lentera, vol. 20, no. 1, pp. 130–145, 2021.

Kacung Wahyudi, “Problematika Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Perguruan Tinggi Islam Kacung,” Pendidikan, Manaj. Pemasar., vol. 04, no. 01, pp. 65–82, 2016.

L. Sholihatunnisa, M. I. Darmawansyah, N. Sa’adah, and W. Susilawati, “Problematika Pendidik Dan Peserta Didik Terhadap Pelajaran Matematika,” Prisma, vol. 7, no. 2, p. 145, 2018, doi: 10.35194/jp.v7i2.249.

M. Rohman, “Problematika Guru Dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia,” Cendekia J. Kependidikan dan Kemasyarakatan, vol. 14, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.21154/cendekia.v14i1.547.

S. Alwi, “Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran,” ITQAN J. Ilmu-Ilu Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 145–167, 2017.

N. Kholifah, H. Sofyan, P. Pardjono, P. Sudira, and M. Nurtanto, “Explicating the Experience of Beginner Vocational Teachers,” TEM J., vol. 10, no. 2, pp. 719–723, 2021, doi: 10.18421/TEM102-28.

Rikanita, “Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Di SMK Negeri 1 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.