Perancangan learning management system SMK N 2 Surakarta dalam pembelajaran selama praktek kerja industri

Efraim Ronald Stefanus Moningkey, Moch. Bruri Triyono, Priyanto Priyanto

Abstract


SMKN 2 Surakarta merupakan sebuah SMK negeri yang unggul dan berprestasi di Solo, banyak prestasi yang telah diukir oleh SMK ini diantaranya adalah dengan  mengembangkan mobil Esemka. Sekolah yang berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional ini terus berusaha untuk berkembang menuju kearah yang lebih baik. SMKN 2 Surakarta akan mendapat bantuan dalam rangka perkembangan proses pembelajarannya berupa tablet untuk semua anak kelas X, mereka juga akan mengembangkan kelas interaktif menggunakan  smartboard, tetapi mereka mengalami kesulitan karena belom memiliki aplikasi yang dapat digunakan, permasalahan lain juga yang ada di sekolah ini adalah proses pembelajaran ketika siswa terjun praktek industry (Prakerin) guru-guru kesulitan dalam memberikan pembelajaran dan mengontrol proses pembelajaran dari anak-anak yang terjun prakerin, sementara diakhir semester mereka dituntut untuk melakukan penilaian terhadap beberapa mata pelajaran, dari permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengebangka sebuah Learning Management System yang menunjang pembelajaran di smart classroom dan untuk siswa yang sedang terjun dalam praktek kerja industry. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system Prototyping karena pengembangan yang cepat dan langsung berinteraksi dengan pengguna.

Full Text:

PDF 126-128

References


BPS, “Badan Pusat Statistik,” Februari 2019: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,01 persen, 2019. .

N. Zubaidah, Syarifuddin, O. Endarwati, I. Amin, and Suharjono, “SMK Harus Ikuti Perkembangan Industri,” 2019. .

Faisal and Tri, “SMK Tidak Boleh Lagi Buka Jurusan Komputer Jaringan - Poskota News,” 2018. .

Indeed.com, “Smk Teknik Komputer Jaringan Jobs - November 2019 | Indeed.com,” 2019. .

E. L. Napitupulu and S. Rejeki, “Kisah SMKN 2 Surakarta Mengembangkan Mobil Esemka Halaman all - Kompas.com,” 2012. .

S. Sutiman, H. Sofyan, Z. Arifin, M. Nurtanto, and F. Mutohhari, “Industry and Education Practitioners’ Perceptions Regarding the Implementation of Work-Based Learning through Industrial Internship (WBL-II),” Int. J. Inf. Educ. Technol., 2022.

R. Rabiman, M. Nurtanto, and N. Kholifah, “Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 1, pp. 1059–1063, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.