Kendala Pembelajaran Daring Bagi Pelajar SMK di Se-Kota Serang-Banten Pada Pandemik COVID-19

Irwanto Irwanto

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang mempunyai ciri khas yang tersendiri karena mempunyai tujuan yang memperdayakan lulusannya untuk memasuki dunia kerja. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi serta menganalisis proses dan kendala pembelajaran di SMK di masa pandemi COVID-19 saat ini, berdasarkan respon siswa SMK yang ada di Kota Serang-Banten. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Pengambilan data dilakukan dengan membagikan Google form yang berisi 11 pertayaan kepada 200 peserta didik SMK di Kota Serang. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa proses pembelajaran secara daring di SMK se-Kota Serang berjalan cukup baik. Beberapa kendala yang ditemukan diantaranya: (1) banyak menghabiskan kuota serta jaringan internet lemah, (2) tidak semua siswa mempunyai HP android sehingga mengakibatkan suatu permasalahan baru dalam keluarga. (3) pemahaman materi sangat kurang di minati oleh siswa karena melalui secara daring. (4) tidak memahami pembelajaran praktik, walaupun menggunakan video. (5) interaksi antara peserta didik dengan guru sangat kurang. Dalam proses pembelajaran secara daring masih perlu untuk terus dioptimalkan dan perlu untuk dilakukan evaluasi demi perbaikan pembelajaran secara daring pada semester genap tahun 2020-2021.

Full Text:

PDF 133-141

References


Mona, “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia)”, Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, vol. 2, no. 2, 2020.

I. A Jariyah & E. Tyastirin, “Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa”, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, July 2020 vol. 4, no. 2, e-ISSN: 2615-6881, pp. 183-196, 2020.

G. Basilaia & D. Kvavadze, “Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID- 19) Pandemic in Georgia”, Pedagogical Research, vol. 5, no. 4,

https://doi.org/10.29333/pr/7937, 2020.

R. Rimbarizki, “Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar”, J+ PLUS UNESA, vol. 6, no. 2, 2017.

R. Rahayu, S. Iskandar, and Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2099–2104, 2022.

Handarini, O. I & Wulandari, S. S, “Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 8, no. 3, pp. 496–503, 2020.

Oknisih, N & Suyoto, S, “Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa”, In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, vol. 1, no. 01, 2019.

Zhafira, N. H., Ertika, Y & Chairiyaton, C, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran”, Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, vol. 4, no. 1, 2020.

Noveandini, R & Wulandari, M. S, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar”, In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2010.

Miles, M. B & Huberman, M, “Qualitative Data Analysis Second Edition”, SAGE Publications, 1994.

I. Irwanto, “Kompetensi Guru Vokasional SMK di Era Revolusi Industri 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 182-204, p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071, 2019.

Wulandari, M. S. & Rahayu, N, “Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas”, 2010.

M. Nurtanto, P. Sudira, H. Sofyan, N. Kholifah, and T. Triyanto, “Professional Identity of Vocational Teachers in the 21 st Century in Indonesia,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 35, no. 3, pp. 30–36, 2022.

N. Kholifah, P. Sudira, R. Rachmadtullah, M. Nurtanto, and S. Suyitno, “The effectiveness of using blended learning models against vocational education student learning motivation,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 9, no. 5, pp. 7964–7968, 2020, doi: 10.30534/ijatcse/2020/151952020.

Santoso, Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, vol. 3, non 1, pp. 73–82, 2015.

Lee, A, Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, January, pp. 19 –21, 2020, https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001.

M. Nurtanto, H. Sofyan, M. Fawaid, and R. Rabiman, “Problem-based learning (PBL) in industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS),” Univers. J. Educ. Res., vol. 7, no. 11, pp. 2487–2494, 2019, doi: 10.13189/ujer.2019.071128.

Padma, A & Sukanesh, R, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19, Automatic Classification and Segementation of Brain Tumor in CT Images Using Optimal Dominant Gray LLvel Run Length Texture Features, vol. 2, no. 10, pp. 53–59, 2011.

Amry, A. B, The impact of Whatsapp mobile social learning on the achievement and attitudes of female students compared with face to face learning in the classroom, 2014.

Wulandari, M. S & Rahayu, N, Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas, 2010.

Sharma, A, Is Zoom safe? yet another country doesn’t seem to think so, Dari https://www.androidauthority.com/zoom-india-unsafe-advisory-1108248/diakses tanggal 25 Juni 2020.

A. Prasetyo, H. Abdillah, W. Wawan, M. Nurtanto, N. Kholifah, and S. Suyitno, “How to the Need for Personal Protective Equipment (PPE) during the current Covid 19 Pandemic: Smart Products Solution,” in 2021 3rd East Indonesia Conference on Computer and Information Technology (EIConCIT), 2021, pp. 309–313.

R. Rachmadtullah, R. M. Subandowo, M. A. Humaira, R. R. Aliyyah, and ..., Use of Blended Learning with Moodle: Study Effectiveness in Elementary School Teacher Education Students during The COVID-19 pandemic. 2020.

Dindin, J. Teti, R. Heri, G. Epa, P, Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi, Digital Journal of Library, 2020.

Rahadian, D, Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas, Journal TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, vol. 2, no. 1, 2017.

Niken, B. A, sistematik review: dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa indonesia. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, vol. 8, no. 2 2020.

Haryanto, W. M. Kusuma, F. Mutohhari, M. Nurtanto, and S. Suyitno, “Innovation Media Learning: Online Project-Based Learning (O-PBL) on Drawing Competence in Automotive Engineering Using Video on YouTube,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2111, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2111/1/012020.

Rasmitadila et al., “The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia,” J. Ethn. Cult. Stud., vol. 7, no. 2, pp. 90–109, Jul. 2020, doi: 10.29333/ejecs/388.

Jones, K & Sharma, R, Reimagining A Future For Online Learning, 2019.

Purwanto, A, Pramono, R, Asbari, M, Santoso, P. B, Wijayanti, L. M, Hyun, C. C & Putri, R. S, Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID- 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, vol. 2, no. 1, 2020.

Zhang, W, Wang, Y, Yang, L & Wang, C. Suspending Classes Without Stopping Learning: China’ s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak, Risk and Financial Management, 13(55), 1 –6. https://doi.org/doi:10.3390/jrfm13030055. 2020.

Pangondian, R. A, Santosa, P. I & Nugroho, E, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. 1, no. 1, 2019.

Kay, R. H & Lauricella, S, Exploring the Benefits and Challenges of Using Laptop Computers in Higher Education Classrooms: A Formative Analysis, Canadian Journal of Learning and Technology /La Revue Canadienne de l ’apprentissage et de La Technologie, 2011, https://doi.org/10.21432/t2s598.

Gikas, J & Grant, M. M, Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media, Internet and Higher Education, vol. 19, no. 2, pp 18-26, 2013.

M. Nurtanto and H. Sofyan, “The implementation of problem-based learning to improve learning outcomes of cognitive, psychomotor, and affective of students in vocational school,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 5, no. 3. pp. 352–364, 2015

Gokfearslan, S, Mumcu, F. K, Haslaman, T & £evik, Y. D, Modelling smartphone addiction: The role of smartphone usage, self-regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students, Computers in Human Behavior, 2016. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.091.

Naserly, M. K, Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa, Jurnal Aksara Public, vol. 4, no. 2, pp 155-165, 2020.

Astuti, P & Febrian, F, Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa, Jurnal Gantang, vol. 4, no. 2, pp 111-119, 2019. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560.

Lau, W. W. F, Effects of social media usage and social media multitasking on the academic performance of university students, Computers in Human Behavior, 2017. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.043.

Kim, E, Ham, S, Yang, I. S and Choi, J. G, The Roles of Attitude, Subjective Norm, and Perceived Behavioural Control in the Formation of Consumers’ Behavioural Intentions to Read Menu Labels in the Restaurant Industry, International Journal of Hospitality Management, vol. 35, no 1, pp 203-213, 2013. Online at: https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.06.008,

Pangondian, R. A, Santosa, P. I & Nugroho, E, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. 1, no. 1, 2019.

Sofyana & Abdul. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, Hal 81-86, 2019.

Kwon, M, Lee, J. Y, Won, W. Y, Park J. W, Min, J. A, Hahn, C, Kim, D, Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS), PLoS ONE, 2013. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936.

Ashari, M, Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Bandung: Alfabeta, 2020.

Oknisih, N, Wahyuningsih, Y, & Suyoto, Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) sebagai Upaya Kemandirian Belajar SIswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, 477-483, 2019. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1056.

Waller, V. & Wilson, J, A definition for e-learning, The ODL QC Newsletter, pp. 1-2, 2001.

Sun, S. Y. H, Learner perspectives on fully online language learning, Distance Education, 2014. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428.

Aina, M, Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA, Jurnal Biodik, vol. 2, no. 1, 2016.

Sobron, A. N & Bayu, R, Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol. 1, no. 2, hlm 30-38, 2019.

Szpunar, K. K, Moulton, S. T & Schacter, D. L, Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology, 2013, https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495.

Khan, M, Kazmi, S, Bashir, A & Siddique, N, COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses, Journal of Advanced Research, vol. 24, no. 2, pp 91–98, 2020, https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005.

Ali, S & Afreni, H, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print), vol. 6, no. 2, ha. 214-224, 2020, Available online at: https://online-journal.unja.ac.id/biodik.

Andri, A, Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 10, no. 3, hlm 223-289, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.