PENGEMBANGAN DIGITAL TEACHING MATERIAL PADA MATERI SISTEM PNEUMATIK DASAR

Sulaeman Deni Ramdani, Haris Abizar, Ridho Nursanto

Abstract


Perkembangan teknologi digital saat ini sangatlah pesat. Adanya pandemic cofid 19 yang merubah tatanan kehidupan memberikan dampak terhadap pola hidup dan kebiasaan termasuk dalam dunia Pendidikan. Dampak tersebut salah satunya adalah perubahan metode dan strategi belajar yang terus berkembang menggunakan teknologi digital. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan digital teaching material pada materi sistem pneumatik dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Pendidikan vokasional Teknik mesin yang mengampu mata kuliah hidrolik dan pneumatik. Pengembangan digital teaching material melibatkan 3 ahli media dan 3 ahli materi. Instrumen menggunakan angket penilaian produk. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan digital teaching material pada materi sistem pneumatik dasar yaitu sangat baik secara teoritis dengan data penilaian ahli materi sebesar 3,39 masuk dalam kategori sangat baik dan penilaian ahli media sebesar 3,55 masuk dalam kategori sangat baik. Pengembangan digital teaching material pada materi sistem pneumatik dasar secara teoritis dapat memberikan khasanah dan pengalaman baru dalam pengembangan sumber ajar untuk dosen dan mahasiswa.


References


Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y

Balanskat, A., Bannister, D., Hertz, B., Sigillò, E., Vuorikari, R., & Bocconi. (2013). Overview and Analysis of 1 : 1 Learning Initiatives in Europe. https://doi.org/10.2791/20333

Dawson, V. (2008). Use of Information Communication Technology by Early Career Science Teachers in Western Australia Use of Information Communication Technology by Early Career Science Teachers in Western Australia. International Journal of Science Education, 30(2), 203–219. https://doi.org/10.1080/09500690601175551

Ditzler, C., Hong, E., & Strudler, N. (2016). How Tablets Are Utilized in the Classroom. Journal of Research on Technology in Education, 1523(May), 1–13. https://doi.org/10.1080/15391523.2016.1172444

Haghshenas, M. (2019). A Model for Utilizing Social Softwares in Learning Management System of E-Learning. Quarterly Journal of Iranian Distance Education (IDEJ), 1(4), 25–38.

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16–22.

Moro, J. (2018). The Emergence of Digital Course Materials in Higher Education and Their Effectiveness in Teaching and Engaging Students. Publishing Research Quarterly, 34, 417–429. https://doi.org/10.1007/s12109-018-9594-z

Ramdani, S. D., El Islami, R. A. Z., Pratiwi, H., Fawaid, M., Abizar, H., & Maulani, I. (2021). Developing digital teaching material on Basic Electricity based on problem-based learning in vocational education. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 78–91. https://doi.org/10.21831/jpv.v11i1.38894

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: National Center for Improvement Educational System.

Warsita, B. (2017). The Roles and Challenges of Instructional Technology Professional Developers in the 21st century Learning. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.