Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik

Alfat Khaharsyah, Muhammad Rifqi Anwar, Setuju Setuju, Rochmad Novian Inderanata

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa E-Modul Gambar Teknik berbasis Android yang layak digunakan untuk pembelajaran Gambar Teknik . penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (research and development) dengan menggunakan tahapan 4-D. dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 2 dosen ahli PVTM , 1 guru mata pelajaran Gambar Teknik dan 33 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi oleh Dosen dan Guru dan angket Respon siswa. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan E-Modul Gambar Teknik. Berdasarkan hasil penelitian. Ditunjukan bahwa E-Modul Gambar Teknik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Gambar Teknik. Hal ini dapat dilihat hasil validasi oleh dosen ahli media 95%, ahli dosen ahli materi 85% dan guru Gambar Teknik 100% dengan kategori “sangat baik”. E- modul Gambar Teknik yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan presentase respon siswa terhadap E-modul Gambar Teknik sebesar 85,49% dengan kategori “sangat baik”.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Alfat Khaharsyah. (2013) Penerapan Metode Drill dalam upaya meningatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Chasis dan supensi otomotif siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Klaten. (2013). 1-117

Alfat Khaharsyah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk siswa Teknik Keterampilan Kendaraan Ringan SMK 2 Pengasih. Jurnal Sosiohumaniora Vol. 6 Nomor 2 Agustus 2020.

Fitriyani,H.,& Hunaepi. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SmartPhone berplatform Android pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Jurnal Ilmiah Biolgoi “Bioscientist” 4(2),97-106

Ismiarti, D.R., & Nikmah, C. (2021). Pengembangan E-Modul Otomatisasi tata Kelola Kepegawaian Berbasis Android pada Materi Semester Gasal Kelas XI OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, 28-38.

Martono. T. K & Oky Dwi Nurhayati. D. O, (2014) Implementation Of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning Media.Computer Engineering Department, Diponegoro University Semarang, Central Java 50275, Indonesia, IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 11, Issue 3, No 1, May 2014 ISSN (Print): 1694-0814 | ISSN (Online):1694-0784 www.IJCSI.org

Pemberton, L., Winter, M. & Fallahkhair, S. (2010) Collaborative Mobile Knowledge Sharing for Language Learners, University of Brighton, United Kingdom, Journal of the Research Center for Educational Technology (RCET) 144 Vol. 6, No. 1, Spring 2010, RCETJ 6 (1), 144-148

Setuju & Wachid Nur Ramadhan (2016). Pengembangan Bahan Ajara Teknik Pemesinan Frais Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan DI SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Taman Vokasi Vol 4 No. 2 Desember 2016.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Bandung: Alfabeta.

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students Autonomous and Learning outcomes. Journal of Primary Edication, 8(1), 84-91. Retrieved from https://lens.org/161-652-040-912-402

Wijayanti, N.P.A., Damayanthi, L.P.E., Sunarya, I.M.G., & Putranama,l.M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184-197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.