Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Keterampilan Problem-Solving Fungsi dan Kurva Pada Pembelajaran Matematika Teknik

Rochmad Novian Inderanata, Slamet Priyanto, Alfath Khaharsyah

Abstract


Pentingnya peningkatan keterampilan problem-solving dalam pembelajaran matematika teknik membuat pendidik tertarik untuk melakukan studi pada mahasiswa kelas matematika teknik. Di era digitalisasi, penggunaan teknologi pembelajaran terutama pada matematika teknik diharapkan dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang berperan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran GeoGebra terhadap keterampilan problem-solving mahasiswa. Desain penelitian menggunakan pre-experiment one group pretest posttest design. Group yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Metode yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan problem-solving yaitu Uji Perbandingan Berganda menggunakan Uji T. Uji tersebut untuk melihat apakah postest mendapatkan rataan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan pretest nya. Dari hasil uji tersebut, didapatkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan secara statistik pada taraf nyata 5% dengan nilai postest 83.7, 20 skor lebih tinggi dibandingkan dengan pretestnya. Penggunaan perangkat GeoGebra dapat meningkatkan keterampilan problem-solving pada pembelajaran Matematika Teknik, terutama dalam penyelesaian masalah fungsi dan kurva.


Full Text:

PDF

References


Miranda, J., Navarrete, C., Noguez, J., Molina-Espinosa, J. M., Ramírez-Montoya, M. S., Navarro-Tuch, S. A., … Molina, A. (2021). The core components of education 4.0 in higher education: Three case studies in engineering education. Computers and Electrical Engineering, 93. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107278

Kilpatrick, J. (1985). A retrospective account of the past 25 years of research on teaching mathematical problem solving. In E. Silver (Ed.), Teaching and learning mathematical problem solving: Multiple research perspectives (pp. 1–15). Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum.

Wassie, Y. A., & Zergaw, G. A. (2019). Some of the potential affordances, challenges, and limitations of using GeoGebra in mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(8). https://doi.org/10.29333/ejmste/108436

GeoGebra.(2022). http://www.geoGebra.org/materials. Diakses pada tanggal 17 Mei 2022 pkl 15.00

Mthethwa, M., Bayaga, A., Bossé, M. J., & Williams, D. (2020). GeoGebra for learning and teaching: A parallel investigation. South African Journal of Education, 40(2), 1–12. https://doi.org/10.15700/saje.v40n2a1669

Misrom, N. S., Abdurrahman, M. S., Abdullah, A. H., Osman, S., Hamzah, M. H., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geoGebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 156–179. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839

Mawengkang, Z. H., Affandi, M., & Masri, M. (2019). Some applications of engineering mathematics in mechanical engineering. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6), 1371–1373.

Bird, J. (2017). Higher Engineering Mathematics. Higher Engineering Mathematics. Routledge. https://doi.org/10.1201/9781315265025

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. SAGE Publications, Inc.

Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., & Wijaya, T. T. (2021). A meta-analysis of GeoGebra software decade of assisted mathematics learning: what to learn and where to go? Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06953


Refbacks

  • There are currently no refbacks.