Pengembangan Media Video Sistem Rem Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan

Sigit Purnomo, Prima Nanda Fatkhurahman, Setuju Nanda Setuju, Rabiman Rabiman, Diana Ratnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan video tutorial pada pembelajaran sistem rem mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TBSM 2 dan TBSM 3 Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Prosedur yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahapan yaitu (1) tahap pembuatan konsep yang meliputi analisa awal, analisa akhir, pengumpulan materi dan pendukung materi, (2) tahap pembuatan produk yang meliputi design dan assembly, (3) tahap uji coba (testing) validasi oleh ahli media, ahli materi, kemudian dilanjutkan evaluasi atau penilaian orang guru bidang studi, evaluasi atau penilaian  teman sejawat, dan uji coba terhadap siswa (4) distribution yaitu dengan mengunggah (upload) di youtube. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran video tutorial adalah: (1) penilaian ahli materi sebesar 89,58%. (2) penilaian ahli media sebesar 94,04%. (3) penilaian guru sebesar 94,04%. (4) penilaian tanggapan reviewer teman sejawat sebesar 95,4%. (5) tanggapan siswa  sebesar 81,06%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial pembelajaran sistem rem ini sangat layak digunakan dan dikembangkan.

Full Text:

PDF

References


Sugihartono. dkk, Psikologi Pendidikan. yogyakarta: UNY Press, 2007.

R. Sajidan, Baedhowi, Triyanto, S. A. Totalia, and M. Masykuri, Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

P. Sudira, “Inpres Nomor 9 Tahun 2016 Dan Tantangan Pendidikan Teknik Informatika Dalam Asean Economic Community,” Pros. Semin. Nas. Elinvo , 2016.

N. Fitrihana, “SMK Smart School Pembelajaran SMK di Era IR 4.0,” Universitas Negeri yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 1–26, 2019.

H. Setiadi, “Tantangan Revolusi Industri 4.0 : Pembelajaran Abad 21 Di Smk,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Pascasarj. UNIMED, vol. 3, no. 5, pp. 395–401, 2019.

I. J. Mendrofa, N. Syah, and R. R. Putra, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Sipil,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2020.

H. Abizar, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lesson Study Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 103–124, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1013.

N. A. Handoyono and A. Mahmud, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 2, pp. 107–116, 2020, doi: 10.24036/invotek.v20i2.791.

A. K. Sigit Purnomo, Elyas Djufri, “Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin,” J. Taman Vokasi, vol. 8 (2), p. 74, 2020.

S. Purnomo and M. B. Triyono, “Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK,” TAMAN VOKASI, 2018, doi: 10.30738/jtvok.v6i1.2972.

F. Rohman, A. Fauzan, and Yohandri, “Project, technology and active (PROTECTIVE) learning model to develop digital literacy skills in the 21st century,” International Journal of Scientific and Technology Research, vol. 9, no. 1. pp. 12–16, 2020.

A. Habibi et al., “Building an online community: Student teachers’ perceptions on the advantages of using social networking services in a teacher education program,” j, vol. 19, no. 1, 2018.

D. Wahyuni, M. Sari, and Hurriyah, “Efektifitas e-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik,” Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, 2020.

H. A. Syahriar and R. Rabiman, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA,” TAMAN VOKASI, 2018, doi: 10.30738/jtvok.v5i2.2473.

S. T. Umaroh, S. Soeryanto, W. Warju, and S. Muslim, “Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2068.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.