Pengembangan Media Pembelajaran Materi Power Tools Berbasis E-Book Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X SMK Negeri 1 Simpangkatis

Suparmin Suparmin, Widodo Widodo, Muhammad Wahyudin

Abstract


Pengembangan media E-Modul berbasis E-book kompetensi Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, pada maateri Power Tools untuk kelas X SMK Negeri 1 Simpangkatis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-modul yang berbasis E-book di pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada materi Power Tools untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Simpangkatis. Selain itu untuk mengetahui kelayakan E-modul yang berbasis E-book pada materi Power Tools yang digunakan sebagai bahan pembelajaran u ntuk siswa SMK Negeri 1 Simpangkatis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran berupa E-modul berbasis E-book di Teknik Bisnis dan Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Simpangkatis. Menggunakan model 4D yaitu (Define) pendefinisian, (Design) perancangan, (Development) pengembangan, dan (Dessiminate) penyebarluasan. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan angket. penelitian ini melibatkan ahli media dan materi, guru mapel juga siswa untuk mendapatkan penilaian dan respons kelayakan E-modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian setelah melalui uji kelayakan ahli media dan materi diperoleh dari ahli media skor 4,03 kategori “layak” dari ahli materi skor 4,73 kategori “sangat layak” uji dari guru mapel PDTO 4,55 kategorikan “sangat layak” dan uji skala kecil 4,17 dikategorikan “layak” terakhir uji skala luas skor 3,88 dikategorikan “layak”.

Full Text:

PDF

References


Indra Setya Purwaka, dkk 2020. Pengembanagn E-Modul Sistem Rem Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindahan Tenaga. Yogyakartya. Program Pendidikan Teknik Mesin FKIP UST. Jurnal Taman Vokasi 8 (2), 2020, 61-71.

Kaisa Falker & Johanna Dahlberg Larsson, 2020. Professional Formation Of Swedish Special Education Teachers in the Tension Between Formal Education at University and Informal Learning in Practice. Jurnal Swedia Of Studies in Educational Policy, 2020.

Khoiriah & Koliq, 2020. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantu R-Book Literasi Sains Pada Mata Fluida Dinamis. Vol. 09 No. 01. 2020.

Muhammad Hakiki, 2020. Hubungan Kompetensi Kepribadian Dan Kecerdasan Emosional Guru Praktek Lapangan Pendidikan (PKL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. STKIP Muhammadiyah Muhara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5 No. 2. 2020.

Republik Indonesia, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003,”In Sekretariat Negara, 2003.

Renze Kolster 2020. Ambidexterty Skruktural Dalam Pendidikan Tinggi; Pendidikan Ungulan Sebagai Tempat Penguji Inovasi Pendidikan. European Journal Of Hogher Education. Studies (CHEPS),Faculty Of Bebavioural, Management And Social Sciences, University Of Twente, The Netherlands, 2 Dec 2020.

Rabiman, dkk 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Piri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. UST Yogyakarta Program Studi Pendidikan Teknik Mesin 2020.

Ririn Violandini & Dea Mustika 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik Disekolah Dasar. (PGSD) Universitas Islam Riau. Jurnal Basicedu, Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021.

Sigit Purnomo, dkk 2020. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis E-Learning Edmodo Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Jurnal taman vokasi. 8 (2), 2020, 78-80. FKIP UST.

Tri Mahkota Dewa Graha Agung, 2021. Media Pembelajaran Video Tutorial Kompetensi Tune Up Mesin Efi Fi Smk N 2 Padeglang. PPTM, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 21, No. 1, Juni 2021.

Widodo, dkk 2020. Analisis kebutuhan media pembelajaran praktikum di masa pendemi COVID-19. Vanos Journal Of Mechanical Engineering Education Volume 5, Number 2, November 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.