Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Muhammadiyah Prambanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengasilkan modul gambar teknik mesin yang baik dan berkualitas untuk kelas X Jurusan Tenik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) mengetahui kelayakan modul gambar teknik mesin yang baik dan berkualitas guna media pembelajaran kelas X Jurusan Tenik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan modul pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Model penelitian tersebut mempunyai empat tahapan dalam penelitian, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran mata pelajaran gambar teknik mesin divalidasi oleh ahli materi dan ahli media selanjutnya diujicobakan pada 30 peserta didik kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner skala Likert model lima pilihan. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam lima kategori, yaitu sangat baik, baik, cukup, cukup baik, kurang baik dan tidak baik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul gambar teknik kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran dapat dikatakan baik dan berkualitas, serta secara keseluruhan baik digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 4,25 dari nilai skor maksimal 5 sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”, rerata skor total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 4,3 dari nilai skor maksimal 5 sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”, rerata skor total dari hasil uji lapangan sebesar 3,9 dari nilai skor maksimal 5 sehingga termasuk dalam kategori “baik”.Full Text:
PDFReferences
Aji, T.N., Samidjo, dan Arif, B.J. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Training Kit Sistem Starter Di SMK Ma’arif 1 Sleman”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 9 Nomor 2). Hal. 123-131.
Arsyad, A. 2016. “Media Pembelajaran”.Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. “Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar”. Yogyakarta: Gava Media.
Dewantara, K.H. 2013. “Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pengembangan Masyarakat”. Yogyakarta: Aditya Media.
Darma, S. 2008. “Penulisan Modul”. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan dan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang ketentuan umum.
Fuad, A.S., Samsul, H., dan Ardi, W. 2021. “Pengembangan E-Modul Sistem Pendingin Mesin untuk Siswa XI TKR SMK Muhammadiyah Gamping”.Jurnal Vokasi Dewantara. (Volume 2 Nomor 1). Hal. 1–11.
Handoyono, N.A., dan Samsul, H. 2018. “Pengembangan Modul Pembuatan Bodi Kendaraan dari Fiberglass untuk Mendukung Perkuliahan Cat dan Body Kendaraan”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 6 Nomor 1). Hal. 36-44.
Handoyono, N.A., dan Sigit, P. 2020. “Identifikasi Kebutuhan Pembelajaran Praktik Servis Sepeda Motor dengan konsep Teaching Factory”. Jurnal Taman Vokasi (Volume 4 Nomor 12). Hal. 106-112.
Irwan, H.T. 2021. “Pengembangan Modul Berbasis Inkuri Terbimbing Bermuatan Artikel Ilmiah Populer Pada Materi Sistem Saraf”. (https://docplayer.info/208622003- Pengembangan-modul-berbasis-inkuri- terbimbing-bermuatan-artikel-ilmiah- populer-pada-materi-sistem-saraf- kelas-xi.html). Diakses tanggal 04 Februari 2022.
Kuntoro, B.D., Rabiman, dan Arif, B.J. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Piri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020”. Jurnal Vokasi Dewantara. (Volume 2 Nomor 1). Hal. 1-11.
Lestiawan, F., dan Arif, B.J. 2018. “Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar- Dasar Pemesinan”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 6 Nomor 1). Hal. 98-106.
Mardapi, D. 2008. “Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes”. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Ma’ruf, M.A., Rabiman, dan Arif, B.J. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Common Rail Di SMK N 2 Yogyakarta”. Jurnal Vokasi Dewantara. (Volume 2 Nomor 1). Hal. 1–7.
Mulyatiningsih, E. 2013. “Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan”. Bandung: Alfabeta.
Murniati, dan Muhammad, M. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Mekanika Berdasarkan Analisis Kompetensi”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. (Volume 1 Nomor 2). Hal. 67-73.
Prasetya, A., dan Subagyo. 2016. “Penggunaan Media Audio Visual untuk Mningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sisem Bahan Bakar Motor Bensin Siswa Kelas XI TSM di SMK Bina Mandiri Klampok Banjarnegara Taun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 4 Nomor 1). Hal. 51-56.
Pratomo, M.W., Rabiman, dan Arif, B.J. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Di SMK Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul”. Jurnal Vokasi Dewantara. (Volume 2 Nomor 1). Hal.1–9.
Purnomo, S, Elyas, D., dan Alfat, K. 2020. “Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis E-Learning Edmodo Mahasiswa Pendidikan Vokaional Teknik Mesin”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 8 Nomor 2). Hal. 73-80.
Rabiman. 2013. “Pemilihan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Diklat Kejuruan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 1 Nomor 1). Hal 30- 41.
Ramadhan, W.N., dan Setuju. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Teknik Pemesinan Frais Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan Di SMK Muhammadiyah Prambanan”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 4 Nomor 2). Hal. 229-235.
Ratnawati, D. Rusdi, M., dan Rabiman. 2020. “Pengembangan E-Modul Sistem Rem Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. (Volume 5 Nomor 1). Hal. 20-26.
Latifah, S., Eka, S., dan Abdul, B. 2016. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. (Volume 5 Nomor 1). Hal. 43-51.
Sudibyo, F.A., Samsul, H., dan Ardi, W. 2021. “Pengembangan E-Modul Sistem Pndingin Mesin untuuk Siswa TKR SMK Muhammadiyah Gamping”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 2 Nomor 1). Hal. 1-11.
Sudjana, N. 2007. “Teknologi Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sulistyoadi, A.B., dan Subagyo. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Gambar Teknik dengan Metode Problem Based Learning Siswa Kelas XI Jurusan AFP SMK Penerbangan AAG Adisujipto”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 2 Nomor 1). Hal. 22-28.
Supriyana, N., Endi, P., dan Mohammad, F. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroller Atmega 16 di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 7 Nomor 2). Hal. 150-158.
Syahriar, H.A., dan Rabiman. 2017. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Rem Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga”. Jurnal Taman Vokasi. (Volume 5 Nomor 2). Hal. 152-158.
Utomo, A.Y., dan Dianna, R. 2018. “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK”. Jurnal Taman Vokasi UST. (Volume 6 Nomor 1). Hal. 68-76.
Winkel. 2009. “Psikologi Pengajaran”. Yogyakarta: Media Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.