Sistem Parkir Pintar Berbasis Arduino Uno

Mochamad Akmal Robidin, Muhammad Sofian, Ananda Yhuto Wibisono Putra

Abstract


Sistem perparkiran yang ada saat ini masih menggunakan sistem perparkiran konvensional yang hanya memanfaatkan lahan parkir dan petugas parkir yang mengendalikan tiap-tiap kendaraan yang masuk, dan juga sering kali tidak memperhatikan daya tampung dari lahan parkir yang dimiliki oleh suatu bangunan. Hal ini dapat menimbulkan kerugian baik dari pihak pemilik kendaraan dikarenakan
pengendara tidak mengetahui di mana letak lahan parkir yang kosong dan terpaksa keluar apabila tidak menemukan lahan parkir kosong. Maka perlu dibuat system perparkiran yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan di atas menggunakan smart parking system berbasis mikrocontroller. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini menggunakan metode Richey and Klein dengan tahapan planning, production, dan evaluation. Dalam system smart parking ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai sensor, sebagai actuator menggunakan lampu merah dan hijau, Arduino UNO sebagai controller dan komponen elektronika penunjang lainnya. Dari penelitian ini dihasilkan pemrograman smart parking system yang telah di uji coba menggunakan wokwi simulator dan smart parking system telah dapat bekerja dengan menangkap informasi keberadaan mobil di setiap titik zona parkir melalui sensor ultrasonic dan diteruskan ke Arduino UNO yang selanjutnya diubah menjadi perintah untuk menyalakan lampu merah dan hijau sesuai kondisi real-time di lapangan sehingga dapat memberi informasi kepada pengendara.


Full Text:

PDF 13-18

References


R. Soleman, M. Mirza, and A. Sofwan, “RANCANG BANGUN PROTOTYPE SENSOR CERDAS PARKIR MOBIL,” vol. 1, pp. 119–127,

G. R. Pradana, “Smart Parking Berbasis Arduino Uno,” Univ. Negeri Yogyakarta, no. 12507134001, pp. 1–9, 2015.

I. Yulianti, D. Yulianti, L. Novita, H. Abdillah, and A. Y. W. Putra, “Sistem otomasi keamanan rumah menggunakan CCTV berbasis arduino dengan koneksi smartphone,” in Vocational Education National Seminar (VENS), 2022, vol. 1, no. 1.

F. Novansyah, M. Muhdori, R. Aryaguna, H. Abdillah, and A. Y. W. Putra, “Trend penerapan otomasi pada bidang layanan publik dan kearsipan,” in Vocational Education National Seminar (VENS), 2022, vol. 1, no. 1.

I. K. Anaam, T. Hidayat, R. Y. Pranata, H. Abdillah, and A. Y. W. Putra, “Pengaruh trend otomasi dalam dunia manufaktur dan industri,” in Vocational Education National Seminar (VENS),

, vol. 1, no. 1.

N. Vincent, A. B. Primawan, P. Studi, T. Elektro, U. S. Dharma, and R. Pi, “Sistem Informasi Parkir Pintar berbasis Web dan IoT Web and IoT-based Smart Parking Information System,” Articles, vol. 1, no. 16, pp. 101–112, 2021.

K. Pindrayana, R. I. Borman, B. Prasetyo, and S. Samsugi, “Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” vol. 2, no. 2, pp. 71–82, 2018.

P. S. F. Y. dan R. A. Sani, “IMPLEMENTASI SENSOR ULTRASONIK HC-SR04 SEBAGAI SENSOR PARKIR MOBIL BERBASIS ARDUINO,” J. EINSTEIN, 2017.

N. E. Hendarini, “RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADVENTURE GAME MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMP,” Univ. Pendidik. Indones., no. 15018, pp. 1–23, 2016.

M. N. Agriawan, C. Ramita, and N. Wahyuni, “PROTOTYPE SISTEM LAMPU PENERANGAN JALAN OTOMATIS PROTOTYPE OF AUTOMATIC STREET LIGHTING SYSTEM USING,” vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.31605/phy.v4i1.1489.

R. Genaldo, T. Septyawan, A. Surahman, and P. Prasetyawan, “Mikrokontroler Arduino Dan Sms Gateway,” vol. 1, no. 2, pp. 46–52, 2020.

Z. Budiarso, “Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang Gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler,” vol. 20, no. 2, pp. 171–177, 2015.

B. Arsada, “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno,” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.